Strategi Komunikasi Pemasaran Kuliner Tradisional Di Cafe Gulo Jowo, Surakarta Melalui Media Instagram
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jishi.5Kata Kunci:
Instagram, Pemasaran, Strategi komunikasiAbstrak
Makanan tradisional merupakan warisan budaya yang pada saat ini sudah sangat jarang ditemukan. Banyak orang beranggapan bahwa makanan tradisional adalah panganan yang sudah ketinggalan zaman, oleh sebab itu perlu adanya strategi komunikasi pemasaran agar masyarakat tetap dapat mengenal dan menikmati kuliner tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana strategi komunikasi pemasaran kuliner tradisional di Cafe Gulo Jowo, melalui media Instagram. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran kuliner tradisional di Cafe Gulo Jowo, surakarta melalui media instagram dilakukan dengan 5 konsep, yaitu strategi komunikasi pemasaran yang meliputi Advertising, Sales promotion, Public relation and publicity, Personal selling dan Direct marketing. Cafe Gulo Jowo berupaya untuk mengiklankan produknya melalui akun-akun instagram yang memberikan informasi mengenai event atau seputar kuliner di Kota Solo. Kemudian Cafe Gulo Jowo juga menyampaikan informasi melalui Instagram Story. Pada aktivitas penjualan personal, semua karyawan di Cafe Gulo Jowo dituntut untuk selalu ramah kepada pelanggannya untuk menjaga kedekatan secara emosional. Dalam melakukan aktivitas pemasaran langsung, pihak Cafe Gulo Jowo mencantumkan informasi berupa nomor telepon, alamat serta Aplikasi Go-food di beranda dan bio Instagram. Sosial media adalah sarana bagi penjual untuk memasarkan usahannya, bagi pelaku usaha makanan tradisional dapat menggunakan instagram agar makanan tradisonal dapat digemari banyak orang.
Referensi
Abyad, Abdulrazak. (2017). Importance of Consumer Trust in e-commerce. Middle East Journal of Business. Vol 12.
Amalia, Asrinda, (2011). Perbandingan Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Harian The Jakarta Post dan Harian Indonesian Observer Dalam Membangun Komunikasi Pemasaran Efektif. Jurnal Communication.Vol.1 : 70-77.
Suka, E. A., & Lubis, S. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempromosikan Produk Homemade Kefir di Kota Medan. Jurnal Network Media Vol: 2 (2).
Balakrsihnan, M., Irwan, D. dan Wong, J. Y. (2014). The Impact of Social Media Marketing Medium Toward Purchase Intention and Brand Loyalty Among Generation Y. Procedia - Social and Behavioral Sciences, vol.1 : 20–38.
Buinac, Ena and Lundberg, Jonatan. (2016). Instagram as a Marketing Tool (A Case Study about how comapanies Communicate their Brands on Social Media). Journal of Interactive Marketing 18: 38-52.
Damjana, J. dan Bruno, Z. (2012). The Model of Marketing Communications Effectiveness: Empirical Evidence From Slovenian Business-To-Business Practice. Journal of Business Economics and Management, Vol. 13 (4): 705–72
Dharmesta, Basu Swastha. (2014). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty
Erika, D.S. (2012). Periklanan Dalam Media Baru. The Messenger, Vol. 4 (1):37-43
Jatmiko. (2014). Komunikasi Pemasaran Sebagai Strategi Memperluas Pasar. Skripsi. Universitas Esa Unggul, Jakarta
Kennedy, John E., & R. Dermawan Soemanagara. (2011). Marketing Communication, Taktik & Strategy. Jakarta : PT Buana Ilmu Populer, Kelompok Gramedia.
Kirana, Prima. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Aktivitas Komunikasi Pemasaran Terpadu Kafe Gulo Jowo Di Kota Solo). Naskah Publikasi. Fakultas Komunikasi Dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Kotler dan Armstrong. (2014). Menajemen Pemasaran di Indonesia,Analisis. Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Kottler, Philip dan Kevin Lane Keller.2009. Manajemen Pemasaran edisi 12 (jilid 2). Jakarta:PT Indeks
Lovelock, Christopher., et. al (2012). Pemasaran Jasa-Perspektif Indonesia. Ed. 7. Jil. 1. Terj. Dian Wulandari dan Devri Barnadi Putera. Jakarta: Erlangga
Lazuardi., et. all. (2015). Pembuatan dan karakterisasi bioplastik berbahan dasar kitosan dan pati singkong dengan plasticizer gliserol. Unesa Journal of Chemistry. 2 (3).
Machfoedz, M. (2015). Pengantar Pemasaran Modern. Akademi Manajemen Pemasaran YPKPN, Yogyakarta
Madengke, A., Sumampouw, H., & Punuindoong, A. (2017). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Citra Perusahaan Jasa Penyewaan Alat Berat Pada PT. Buana Oto Mandiri. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 0. doi:https://doi.org/10.35797/jab.0.0.2017.18377.%p
Morissan, A.M. (2012). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Penerbit Kencana
Nasiha, Solehatun. (2010). Strategi Komunikasi Pemasaran terpadu (Integrated Marketing Communications) Dalam Mengkokohkan Brand Dagadu Djogja. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Nurhidayah, A.M.S. (2013). “Peran Komunikasi Interpersonal Wali Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa,” . Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga
Nushan, Musyaffa. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Popolo Coffee Melalui Akun Instagram. Jurnal Diakom. Vol. 2 (2).
Paramitha, Cindy Rizal Putri, (2011). Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan dalam Bidang Kuliner. Thesis. Ekonomi S-1, Fakultas Ekonomi Universitas Dipenogoro
Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Sosial Media. Jakarta: PT. Alex Komputindo.
Riyanto, A. (2015). “Pengertian Kuliner” [online]. Tersedia : http://kanalku.blogspot.in/2015/ 07/pengertian-kuliner.html?m=1 yang diakses 28 Februari 2020
Shakeel, R. dan Syed, I. (2011). Integrated Marketing Communication And Promotion. International Refereed Research Journal, Vol.2 (4) : 187
Sopiawati, Mira. (2010). Komunikasi Pemasaran dan Perilaku Pembelian (Studi Korelasi Antara Persepsi Konsumen Mengenai Aktivitas Komunikasi Pemasaran Terhadap Perilaku Pembelian Telkomsel Flash Unlimited Corporate Di Kalangan Dosen Universitas Sebelas Maret Surakarta Periode Januari Maret 2010) .Surakarta : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutopo. (2010). Terampil Mengolah Data Kualitatif Dengan NVIVO. Jakarta : Prenada Media Group.
Todorova, G. (2015). Marketing Communication Mix. Trakia Journal of Sciences, Vol. 13 (1) : 368-374.
Wahyudi, Pontjo. (2014). Kuliner Jawa dalam Serat Centhini. Yogyakarta:BPNB DIY, Jateng dan Jatim
Yuviana, M. (2018). ). Strategi Komunikasi Jasa Iklan Instagram @solofoodgram Dalam Menghadapi Kompetitor. Naskah Publikasi. Fakultas Komunikasi Dan Informatika. Universitas Muhammadiyah Surakarta