Implementasi Kesetaraan Gender di Sekolah Agama Islam Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Buniwangi Bandung Barat

Penulis

  • Olih Solihin Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Komputer Indonesia, Indonesia
  • Rina Sovianti Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Farida Hariyati Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Ismia Unasian Sari Direktorat KSPS Tendik, Kemendikbudristek, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jishi.42

Kata Kunci:

Gender, Kesetaraan Gender, Sekolah Agama Islam

Abstrak

Isu kesetaraan gender dari masa ke masa masih menarik untuk dibahas dan dikaji lebih lanjut.  Ini dikarenakan masih banyak kasus bisa gender dalam aspek kehidupan di Indonesia, di banyak sektor kehidupan, tanpa kecuali di sektor pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengalisa implmentasi kesetaraan gender di sekolah Islam Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Buniwangi. Masalah penelitian ini diuraikan dan dianalisasi sesuai kaidah-kaidah studi kasus, dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1). Pemahaman guru tentang gender sudah sejalan dengan yang digariskan oleh Undang-undang; 2). Proses belajar mengajar dilangsungkan tanpa membeda-bedakan murid laki-laki dan perempuan; 3). Manajemen ruangn kelas, antara murid laki-laki dan perempuan disatuakan dalam satu ruangan kelas, menempati kursi belajar masing-masing tanpa adanya penyekatan ruangan. Simpulan. YPI Buniwangi telah merealisasikan amanat undang-undang mengenai perujudan kesetaraan gender.

 

 

Referensi

Abidin, Zainal. (2017). “Kesetaraan Gender Dan Emansipasi Perempuan Dalam Pendidikan Islam.” Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan 12(01): 1–17.

Ariyanto, Sugeng. (2018). “A Portrait of Gender Bias in the Prescribed Indonesian ELT Textbook for Junior High School Students.” Sexuality and Culture 22(4): 1054–76. https://doi.org/10.1007/s12119-018-9512-8.

Glasser, Howard M., and John P. Smith. (2008). “On the Vague Meaning of ‘Gender’ in Education Research: The Problem, Its Sources, and Recommendations for Practice.” Educational Researcher 37(6): 343–50.

Juliana, Gita, Luh Putu Sendratari, and Tuty Maryati. (2019). “Bias Gender Dalam Pendidikan (Studi Kasus Pembelajaran Sosiologi Kelas XI Dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sosiologi Di MAN 1 Buleleng).” e-Journal Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Ganesha 1(1): 23–32.

Karama, Muneer Jebreel. (2020). “Gender Bias in School Mathematics Textbooks from Grade 1 to 12 in Palestine.” Journal of International Women’s Studies 21(1): 162–71.

Khuza, Moh, and A. (2013). “Problem Definisi Gender?: Kajian Atas Konsep Nature Dan Nurture.” Kalimah 11(1935): 101–18.

Lestari, Maya. (2020). “Bagaimana Konstruksi Gender Dalam Permainan Outdoor Di PAUD?” PERNIK?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1): 25.

Muthiah, Falah, and dan Aida Vitayala Hubeis. (2017). “Analisis Gender Terhadap Tingkat Keberhasilan Program Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu.” Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat 1(4): 435–50. http://ejournal.skpm.ipb.ac.id/index.php/jskpm/article/view/1http://ejournal.skpm.ipb.ac.id/index.php/jskpm.

Solihin, Olih, Zikri Fachrul Nurhadi, Yuni Mogot, and Rina Sovianti. (2022). “Dampak Sex Roles Stereotypes Dan Gender Stereotyping Dalam Relasi Gender Keluarga.” Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian 8(1): 821.

Sulistiani, Yeni, and Lutfatulatifah Lutfatulatifah. 2020. “Konsep Pendidikan Bagi Perempuan Menurut Dewi Sartika.” Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak 2(2): 118.

Susanti, Eka Nana, Suswandari, and Khoerul Umam. (2019). “Inovasi Pembelajaran Responsif Gender Di Sekolah Dasar ( Studi Kasus SDN 03 Cijantung ).” prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) 3: 662–67. http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/77.

Ulya, Inayatul. (2018). “PENDIDIKAN BERBASIS KESETARAAN GENDER: Studi Kebijakan Pemerintah Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan.” MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman 4(1): 11–32.

W.Creswell, John, and Cgeryl N.Poth. (2018). 53 Journal of Chemical Information and Modeling Qualitative Inguiry Research Design:Choosing Among Five Approaches.

Wibowo, Dwi E. (2010). “Sekolah Berwawasan Gender.” Muwazah 2: 189–96.

Yin, Robert K. 2014. Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta (ID): Rajawali Pers.

Zabaniotou, Anastasia, Anastasia Pritsa, and E. A. Kyriakou. (2021). “Observational Evidence of the Need for Gender-Sensitive Approaches to Wildfires Locally and Globally: Case Study of 2018 Wildfire in Mati, Greece.” Sustainability (Switzerland) 13(3): 1–25.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Solihin, O., Sovianti, R., Hariyati, F., & Unasian Sari, I. (2022). Implementasi Kesetaraan Gender di Sekolah Agama Islam Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Buniwangi Bandung Barat . Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.52436/1.jishi.42