Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Interaksi Sosial Anak

Penulis

  • Ema baroroh Program Studi Psikologi Islam, FUAD, IAIN Pontianak, Indonesia
  • Ayu Faizah Program Studi Psikologi Islam, FUAD, IAIN Pontianak, Indonesia
  • Desta Zahratul Awwaliyah Program Studi Psikologi Islam, FUAD, IAIN Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jishi.39

Kata Kunci:

Permainan Tradisional, Interaksi Sosial, Eksperiment

Abstrak

Interaksi sosial pada anak sangat penting untuk dilatih agar dapat berkembang. Tantangan saat ini adalah kemajuan teknologi dimana dapat menghambat interaksi anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan interaksi anak setelah diberikan permainan tradisional. Selanjutnya mengetahui  gambaran interaksi sosial yang terjadi pada anak jika diberikan permainan tradisional.  Hipotesis dalam penelitian adalah adanya pengaruh pemberian permainan tradisional terhadap interaksi sosial anak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan memberikan perlakuan permainan tradisional. Pemilihan sampel pada kali ini menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi partisipan dengan setting alami. Secara umum berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial terjadi pada kelompok subjek. Kesimpulan dari pengolahan data, subjek 1 didapati memiliki interaksi sosial yang lebih baik dibandingkan keseluruhan subjek. Hal ini dikarenakan terpenuhinya keseluruhan indikator perilaku. Selanjutnya disusul subjek 3 dan 4 dengan  sama-sama memperoleh 7 indikator yang dapat diamati. Subjek 2 memiliki nilai terendah, dengan 4 indikator interaksi sosial yang dapat diamati.  Pada artikel ini, juga akan membahas temuan dan keterbatasan

Referensi

Abdullah. (1994). Lubaabut tafsir min ibni katsir, jilid 7. Bogor: Pustaka Imam Syafi’i

Achroni, & Keen. (2012). Mengoptimalkan tumbuh kembang anak Melalui Permainan Tradisional.Jogjakarta: Javalitera

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (edisi revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta

Azhar,S., et al. (2022). Praktik dan teori PJOK di sekolah dasar. Sukabumi: Jejak

Dewi, M. P., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Perkembangan bahasa, emosi, dan sosial anak usia sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1-11.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Kencana.

Iswinati. (2017). Permainan tradisional : Prosedur dan analisis manfaat psikologis. Malang : UMM

Khadijah & Jf, N. Z. (2021). Perkembangan sosial anak usia dini: Teori dan strategi. Medan: Merdeka Kreasi

Kurniawati, E. (2016). Permainan tradisional dan peranannya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak. Jakarta : Prenadamedia Group

Kurniawati, N. A., Solehuddin, S., & Ilfiandra, I. (2019). Tugas perkembangan pada anak akhir. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 3(02), 83-90.

Latipun. 2002. Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press

Manumpil, B., Ismanto, A.Y, & Onibla, F (2015). Hubungan penggunaan gawai dengan tingkat prestasi siswa di SMA negeri 9 Manado. Joural Keperawatan, 3 (2), 1-6

Maunah, B. (2016). Interaksi sosial anak di dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat.Kediri : Janggala Pustaka Utama

Papalia,D. E., & Feldman, R. D. (2015). Menyelami perkembangan manusia: Experience human development (edisi 12, buku 1). Jakarta: Salemba Humanika

Pudjibudojo, J.K. et all. (2019). Bunga rampai psikologi perkembangan: Memahami dinamika perkembangan anak.Sidoarjo : Zifatama Jawara

Rahmat, P. S. (2021). Perkembangan peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara

Susanti, F., Siswati,S., & Widodo,P.B. (2012). Pengaruh permainan tradisional terhadap kompetensi interpersonal dengan teman sebaya pada siswa sd (studi eksperimental pada siswa kelas 3 sdn srondol wetan 04-09 dan sd srondol wetan 05-08), Jurnal Psikologi, 8 (2), 145-155.

Yasser, A. (2016). Negative effects of technology on children of today. Research Proposal. Diunduh: (PDF) Negative Effects of Technology on Children of Today (researchgate.net)

Yuswardi, et all (2022). Pengantar teknologi informasi. Padang : PT Global Eksekutif Teknologi

Munisa, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Di TK Panca Budi Medan. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 102-114.

Kurniati, E. (2016). Permainan tradisional dan perannya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak. Kencana.

Tim Pgsd A. (2017). Jejak-jejak permainan tradisional indonesia untuk pembelajaran kesenian di sd/mi. Malang : UMM Press

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

baroroh, E., Faizah, A., & Zahratul Awwaliyah, D. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Interaksi Sosial Anak. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.52436/1.jishi.39