Upaya Orang tua dalam Pengasuhan mencegah dan menghadapi anak yang Kecanduan Gadget
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jishi.35Kata Kunci:
anak-anak, Gadget, Peran Orang tuaAbstrak
Gadget ialah suatu perangkat elektronik kecil yang mempunyai sebuah fungsi khusus. Dari waktu ke waktu perusahaan gadget selalu mendapatkan inovasi baru untuk menambah fitur maupun teknologi terbaru dari gadget mereka yang dapat membuat hidup manusia modern menjadi lebih nyaman dan praktis. Teknologi sendiri kerap kali mempengaruhi perkembangan dan perilaku seseorang, terlebih lagi pada anak-anak. Karena perangkat teknologi dapat menjadi sebuah sarana untuk mereka belajar dengan efektif. Penulisan ini bertujuan untuk dapat mengetahui peran dan upaya orang tua dalam mencegah dan menghadapi anak yang kecanduan gadget. Telaah literatur yang relevan digunakan dengan metode descriptive review. Artikel yang dijadikan sebagai sumber acuan berasal dari data based pada google scholar. Kata kunci yang digunakan adalah parents’ effort, children, gadget addiction dengan menggunakan Boolean “OR” dan “AND”. Kriteria artikel yang digunakan adalah yang berasal dari Bahasa inggris dan Bahasa Indonesia, selain itu juga kriterianya adalah artikel yang dipublikasikan 10 tahun terakhir (2012-2022). Hasil studi literatur menemukan 996 artikel, kemudian penulis melakukan pemilihan artikel dengan jumlah 10 dari yang berbahasa inggris 4 artikel dan 6 berbahasa Indonesia karena sesuai dengan kriteria inklusi. Berdasarkan hasil telaah diketahui bahwa kontrol orang tua sangatlah penting, mengaplikasikan pola komunikasi yang tepat membuat anak memahami konsekuensi logis mengenai dampak negative dari gadget. Dari berbagai sumber menyebutkan pola asuh authoritative adalah yang dapat diaplikasikan pada anak usia dini yang sudah memiliki kecendrungan kecanduan gadget. Orang tua juga bisa melakukan berbagai aktitas lain seperti bermain permainan tradisional sehingga anak akan terhindar dari kecanduan gadget.
Referensi
APJJI. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJJI), June. http://apjii.or.id/v2/upload/Laporan/Profil Internet Indonesia 2012 %28INDONESIA%29.pdf
Ardiyani, I. D., Setiawati, Y., & Hsieh, Y.-T. (2021). Education for Parents of Children with Gadget Addiction. Jurnal Berkala Epidemiologi, 9(3), 221. https://doi.org/10.20473/jbe.v9i32021.221-230
Delima, R., Kurnia Arianti, N., & Pramudyawardani, B. (2015). Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Aplikasi Permainan Edukasi Bagi Anak Usia 4 sampai 6 Tahun. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 1(1), 40–47.
Eklesia, R. C., Mingkid, E., & Londa, J. . (2020). Peran Komunikasi Orangtua Dalam Mencegah Kecanduan Gadget Pada Anak Usia Dini Dikelurahan Karombasan Utara. Acta Diurna Komunikasi, 2(3), 1–16.
Fahriantini, E. (2016). Peranan Orang Tua Dalam Pengawasan Anak Pada Penggunaan Blackberry Messenger Di Al Azhar Syifa Budi Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 4(4), 44–55. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2707#:~:text=Hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa,berfikir%2C pemberian batas waktu dalam
Iswinarti, -, Iswinarti, -, & Firdiyanti, R. (2019). Children using Learning Gadget Addiction, Can Traditional Games With “Berlian” Method as a Solution Increase the Social Skill? 304(Acpch 2018), 368–371. https://doi.org/10.2991/acpch-18.2019.89
Kusumaningtyas, W., Ikhwan Aziz, Q., Laili, N., & Hartati, S. (2019). Gestalt-prophetic: The parenting method for early childhood with gadgets addiction. Islamic Guidance and Counseling Journal, 2(2), 66–76. https://doi.org/10.25217/igcj.v2i2.391
Munawar, M., & Nisfah, N. L. (2020). The Effect of Assertive Discipline on Early-Aged Children’s Gadget Addiction. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(2), 64. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i2.1002
Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000–1010. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490
Nurhidayah, I., Ramadhan, J. G., Amira, I., & Lukman, M. (2021). Peran Orangtua Dalam Pencegahan Terhadap Kejadian Adiksi Gadget Pada Anak: Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(9), 12. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Rini, M. K., & Huriah, T. (2020). Prevalensi dan Dampak Kecanduan Gadget Pada Remaja: Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 185–194. https://doi.org/10.30651/jkm.v5i1.4609
Sari, T. P., & Mitsalia, A. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah Di Tkit Al Mukmin. Profesi, 13(2), 72–78. https://ejournal.stikespku.ac.id/index.php/mpp/article/view/124
Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2021). Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562–1575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1781
Suherman, R. N., Saidah, Q., Nurhayati, C., Susanto, T., & Huda, N. (2021). The relationship between parenting style and gadget addiction among preschoolers. Malaysian Journal of Medicine and Health Sciences, 17(June), 117–122.
Wahyuningtyas, R., Rochanah, & Izatovna, T. S. (2022). Impacts of Gadget on Early Childhood Development: How to Solve the Addiction Gadget? Risa. Bulletin of Early Childhood, 1(1), 58–67.
Wulandari, D., & Hermiati, D. (2019). Deteksi Dini Gangguan Mental dan Emosional pada Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 382–392. https://doi.org/10.31539/jks.v3i1.843