Pemanfaatan Komunikasi Digital sebagai Media Storytelling Aktivitas Sosial Unilever Indonesia dalam Mempertahankan Citra Perusahaan
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jishi.325Kata Kunci:
Instagram, Counter Narrative, Storytelling, Citra, Unilever IndonesiaAbstrak
PT. Unilever Indonesia perusahaan terbesar pada bidang Fast Moving Consumer Goods (FMCG), diisukan terafiliasi dengan Israel di Indonesia. Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa Nomor 83 Tahun 2023 tentang imbauan menghindari transaksi dan penggunaan produk yang terafiliasi dengan Israel. Akibatnya, penjualan dan nilai sahamnya menurun, tahun 2022 laba bersih didapatkan sebesar Rp 5,3 triliun sedangkan pada tahun 2023 laba bersih hanya mencapai Rp 4,8 triliun, serta citra perusahaan berada di ambang ketidakpastian. Divisi Public relations PT. Unilever Indonesia berusaha merespon kondisi dengan melakukan upaya-upaya untuk menjaga citra perusahaan. Salah satu yang dilakukannya adalah memanfaatkan komunikasi digital melalui media sosial instagram untuk mengemas counter narative dengan digital Storytelling terkait aktivitas-aktivitas sosial yang dilakukan PT. Unilever Indonesia untuk mendapatkan kembali kepercayaan publik. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivis. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa PT. Unilever Indonesia dalam 4 unggahan reelsnya di media sosial instagram menggunakan pemulihan citra dengan strategi penyangkalan (Denial) yang dikemas dalam strategi Phylantropic Storytelling dan Customer-Led Storytelling yang disampaikan langsung oleh narator, tokoh-tokoh agama, dan volunter pada kegiatan sosial yang dilakukan PT. Unilever dengan menggandeng organisasi masyarakat yang dapat memberikan prespektif berbeda terhadap kredibilitas pesan, sehingga strategi ini dapat mengembangkan kembali citra baik PT. Unilever Indonesia di mata khalayak.
Referensi
Agustina, T. S. (2020). Storytelling Sebagai Strategi Bisnis Sosial Start-Up Ojek Syar’i Berbasis Aplikasi di Surabaya. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 3(4), 448-460.
Assilah, Qonita. (2019). Strategi Digital Storytelling Pada Organisasi Crowdfunding di Media Sosial Instagram @Lazisnu Banyuwangi, Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi, dan Pemikiran Hukum Islam. https://doi.org/10.30739/darussalam.v14i2.1997
Benoit, William. (1995). Accounts, Excuses, and Apologies, A Theory of Image Restoration Strategies. New York: State University Of New York Pers
Frank Jefkins, (2003) Public relations. Erlangga.
Herdiyani, S., Barkah, C. S. A., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan media sosial dalam mengembangkan suatu bisnis: Literature review. Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2), 103-121.
Hollensen, S. (2015) ‘Marketing Management – A Relationship Approach’, 3rd Edition, Pearson Education.
Klamma & Jarke. (2015). Tagging Diversity in Personal Learning Environments. J.comput.edu Vol 3 No 1. https://doi.org/10.1007/s40692-015-0027-0
Kriyantono, R. (2021). Baest Practice Humas (Public relations) Bisnis Dan Pemerintah: Manajemen Humas, Teknik Produksi Media Publisitas dan Public relations Writing. Prenada Media.
Kotler, P.and Keller, K. L. (2016),Marketing Management,(15th ed.),Prentice Hall.
Lindawati, L. (2018). Kekuatan Cerita dalam Bisnis Sosial. Jurnal Studi Pemuda, 7(2), 100-110. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.39643
Lesly, Philip, 2003, Everything You Wanted to Know about Public relations. Fourth Edition. Singapore: Probus Publishing Company
Machfoedz, Mahmud. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Cakra Ilmu
Moleong. Lexy J. (2010). Metedologi Penelitian Kualitataif: Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ramacitti, D. F. (1990). Do It Yourself Publicity. New York: AMACOM
Sandra Oliver, (2006) Strategi Public relations, Jakarta: PT. Erlangga, 2006.
Sugiono, S., & Irwansyah, I. (2019). Vlog sebagai media Storytelling digital bagi tokoh publik pemerintahan. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 23(2), 115-134. Doi 10.31445/jskm.2019.2101
Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan; pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Yananingtyas, H. Z., & Irwansyah, I. (2020). Cyber Public relations Melalui Microblogging Dalam Menjaga Citra PemProv DKI Jakarta. Jurnal Komunikasi, 14(2), 199-212. https://journal.trunojoyo.ac.id/komunikasi/article/view/7456
Yunandika, N. P., & Bangun, C. R. A. (2024). The Role of Public relations in Digital Era: Storytelling Strategy to Develop Corporate Reputation. Jurnal Vokasi Indonesia, 11(2), 7. https://scholarhub.ui.ac.id/jvi/vol11/iss2/7/
Tautan
@unileveridn (2023, Desember 8) Komitmen kami hadirkan produk halal dan Berkualitas Sejak Puluhan Tahun Lalu. Instagram.
https://www.instagram.com/p/C0mKlLIy5wp/
@unileveridn (2024, Maret 21) Realisasi bantuan kemanusiaan Unilever dan Baznas. Instagram. https://www.instagram.com/p/C4xNJCFynFR/
@unileveridn (2024, Januari 25) Unilever Indonesia menjalin kemitraan dengan NU-Care-LAZISNU melalui donasi kemanusiaan dan program sosial lainnya. Instagram. https://www.instagram.com/p/C2hKESurwYs/
@unileveridn (2024, Februari 18) Sejak 2021 Unilever Indonesia menjalin kemitraan dengan Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Perguruan Tinggi Muhammadiyah. https://www.instagram.com/p/C3eS-S7yV-b/
Azharun. (2023, September 10) Fatwa Terbaru MUI Nomor 83 Tahun 2023: Mendukung Agresi Israel ke Palestina Hukumnya Haram https://mui.or.id/baca/berita/fatwa-terbaru-mui-nomor-83-tahun-2023-mendukung-agresi-israel-ke-palestina-hukumnya-haram#:~:text=JAKARTA%2C%20MUI.,Sidang%20Rutin%20Komisi%20Fatwa%20MUI.
Nurul. (2021, November 2) Pengertian, Dampak, dan Pengaruh Media Sosial