Strategi Pemasaran Online dan Offline dalam Meningatkan Penjualan Outlet Makbule

Penulis

  • Devi Amiliana Program Studi Ekonomi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika, Indonesia
  • Mochamad Fatchurrohman Program Studi Ekonomi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika, Indonesia
  • Parwita Setya Wardhani Program Studi Ekonomi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jishi.30

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran, Sistem Online, Sistem Offline

Abstrak

Persaingan di dunia bisnis yang semakin ketat saat ini, menyebabkan sangat  berperannya media sosial dalam pemasaran bisnis online. Oleh karena itu strategi pemasaran yang tepat untuk menjual produk secara online maupun offline sangat diperlukan. Peran media sosial sangat mendukung peluang usaha yang semula dilakukan secara offline, diharapkan akan semakin dikenal dan berkembang kedepannya. Peran penting situs media onlie ini memliki kemampuan yang sangat dinamis dan efisian dalam sebuah bisnis usaha. Maka penelitian ini dilakukan untuk menjawab Strategi pemasaran apa yang efektif untuk Outlet Makbule? Penelitian ini menggunakan metode bersifat kualitatif dengan jenis deskriptif, yaitu metode yang lebih mudah didapatkan dari hasil observasi dan wawancara mendalam kepada konsumen Outlet Makbule.  Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dan persamaan strategi pemasaran yang di gunakan untuk memasarkan produk-produk Outlet Makbule, baik dengan menggunakan sistem online mauoun offline. Persamaan menggunakan system online dan offline adalah sama-sama menawarkan produk yang dipasarkan dengan harga yang terjangkau dengan kualitas yang dijamin. Sedangkan perbedaanya, bahwa sistem online memanfaatkan semua media sosial dan aplikasi yang menunjang penjualan, dengan menggunakan fasilitas intenet atau media sosial yang ada, sedangkan sistem offline Outlet Makbule menyediakan tempat yang cukup strategis untuk para pembeli agar bisa menikmati hidangan di tempat dan bisa melakukan penjualan langsung dengan para pembeli. Kedua sistem penjualan, baik offline maupun online bisa memberikan kontribusi yang baik untuk penjualan produk-produk outlet Makbule

Referensi

Maulana, “ Kebijakan Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Pada UD. Tape Ketan Ibu Hamimah Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar”, Uniska, 2018

Berliani, N. (2020) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SECARA ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN USAHA CLOTHING PADA TOKO BAROKAH23STORE BANJARMASIN. ARTIKEL NOVIA BERLIANI 16310414 KH A BJM.pdf Alavi, M. And

Leidner, D. (2001), “Knowledge management and knowledge management systems: conceptual foundations and research issues”, MIS Quarterly, Vol. 23 No. 1, pp. 107-25.

Gemilang, Ayu Dian. 2011. “Peran Facebook sebagai Media Komunikasi Bisnis Online (Studi Deskriptif Kualitatif Peran Facebook sebagai Media Komunikasi Bisnis Online)”. Penelitian Skripsi UPN Veteran. Jatim. (tidak dipublikasikan)

Kadir A,. 2003. ”Pengenalan Sistem Informasi”. Andi Offset. Yogyakarta.

McLeod, Jr. R., Schell, G. 2004. ”Sistem Informasi Manajemen”, copyright ©2001. Prentice-Hall,Inc. PT. Indeks. Jakarta.

O’Brien, JA. 2005. ” Pengantar Sistem Informasi : Perspektif Bisnis dan Manajerial”. Salemba Empat. Jakarta.

Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Nuryana Khoirotul Faizah (2018) 14.1.02.02.0273. Ekonomi- Manajemen simki.unpkediri.ac.id

Angraini, T. (2017) “Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Online dan Offline Pada Toko Alea Pasar Tradisional Modern (PTM) Kota Bengkulu Ditinjau Dari Ekonomi Islam”. http://repostitory.iainbengkulu.ac.id Strategi Pemasaran Produk Secara Offline dan Online – Jejualan dari https:/blong,jejualan.com

Hartono, H. d.k.k. 2012. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan dengan Menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Vol. 3,No. 2:883-889.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI Struktur Organisasi Defisi, jenis, dan fungsinya https://www.jurnal.id/id/blog/strukturorganisasi-definisi-jenis-danfungsinya

Toko offline vs online, kelebihan dan kekurangan https://www.jurnal.id/id/blog/tokooffline-vs-online-kelebihankekurangannya

Pengertian Karyawan dan Jenisjenis Karyawan di Perusahaan https://pengertiandefinisi.com/pengertian-karyawan-dan-jenis-jeniskaryawan-di-perusahaan

Nurcholifah, I., “STRATEGI MARKETING MIX DALAM PRESPEKTIF SYARIAH”, JURNAL KHATULISTIWA, Volume 4, No. 1, Maret 2014, Hal. 75.

Budio, S., “STRATEGI MANAJEMEN SEKOLAH”, JURNAL MENATA, Volume 2, No. 2, Juli-Desember 2019, hal. 59.

Setiawati, I., Mashuri, A. A., “PERAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA PEMASARAN BISNIS ONLINE”,(Semarang: Himsyatech, 2014) Hal. 3.

Efiyani, N, S., Yulianti, F., Hairul, “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN ONLINE DAN OFLINE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN”, (Banjarmasin: 2021), Hal. 2.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Amiliana, D. ., Fatchurrohman, M., & Wardhani, P. S. . (2022). Strategi Pemasaran Online dan Offline dalam Meningatkan Penjualan Outlet Makbule. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.52436/1.jishi.30