Strategi Manajemen Isu untuk Mengatasi Potensi Krisis Kepercayaan Nasabah Program Mekaar PT. PNM: Pendekatan Studi Kasus

Penulis

  • Hodijah Program Falsafah dan Peradaban, Universitas Paramadina, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jishi.286

Kata Kunci:

Isu, Krisis Kepercayaan, Manajemen Isu, Mekaar, PT PNM

Abstrak

Dalam mengentaskan kemiskinan, pemerintah membentuk lembaga permodalan ekonomi PT PNM yang difokuskan untuk perempuan prasejahtera pelaku usaha mikro melalui program PNM Mekaar. Namun, di dalam pelaksanaannya, muncul isu-isu negatif yang beredar sehingga berpotensi mempengaruhi partisipasi masyarakat dan krisis kepercayaan nasabah. Krisis kepercayaan nasabah merupakan tantangan utama yang dapat menghambat keberhasilan Program Mekaar PT PNM. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak krisis kepercayaan terhadap nasabah dan strategi yang digunakan untuk mengatasinya. Dengan pendekatan kualitatif interpretif dan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan analisis literatur. Teori yang digunakan yaitu manajemen isu yang dibagi menjadi tiga tahapan, yakni tahap identifikasi dengan monitoring media dan pelacakan berita negatif dengan Service Problem Report (SPR), tahapan analisis isu dengan memetakan krisis sesuai prioritas dan perumusan program pada saluran media komunikasi perusahan untuk merespon isu. Kemudian tahapan ketiga yaitu pelaksana program atau implementasi strategi komunikasi dengan melakukan pendampingan kasus sampai tuntas, mengadakan Sosialisasi Budaya anti-fraud ke petugas PNM Mekaar dan evaluasi penyelesaian setiap selesai pemberian materi. Hasil menunjukkan bahwa strategi manajemen isu PT PNM mencakup identifikasi isu melalui monitoring media, analisis risiko, serta pelaksanaan program seperti sosialisasi budaya anti-fraud dan evalusasi sistematis. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan model manajamen isu untuk lembaga keuangan mikro di Indonesia.

Referensi

Amalia, Siti, dkk. (2023). Partisipasi Perempuan dalam Pemanfaatan Potensi Desa di Muara BAdak Ulu Kutai Kartanegara. Jurnal Pustaka Mitra. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i2.396

Aprinri, Refa., dkk. (2023) Strategi Manajemen Isu Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat dalam Menangani Isu Pemberitaan Negatif Pelecehan Seksual di Kereta. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP). DOI: 10.58258/jisip.v7i1.4843

Armada, Silvano, dkk. (2024). Pemberdayaan UMKM dengan Fokus pada Peran Wanita: Inovasi Digitalisasi Pemasaran di Kecamatan Kebon Pedes, Sukabumi. Blantika: Multidisciplinary Journal DOI: 10.57096/blantika.v2i3.108

Assingkly, Muhammad Shaleh., dkk. (2019). Studi Ilmu Pendidikan; Ditinjau dari Model, Pendekatan, Strategi, Kebijakan Pendidikan dan Studi Pemikiran Tokoh. Penerbit K-Media; Yogyakarta

Dewi, Lokita Pramesti., dkk., (2024). Buku Ajar Strategi dan Teknik Publik Relations. PT Sonpedia Publishing Indonesia

Fadli, Muhammad Rijal. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, Vol. 21. https://doi: 10.21831/hum.v21i1. 38075.

Fahrudin., dkk. (2020). Komunikasi Krisis Public Relations dalam Manajemen Isu Aduan Siswa Stres saat Pandemi Covid-19 di Jakarta. Jurnal Syntax Admiration. DOI: 10.46799/jsa.v1i8.121

Kurnianingsih, Fitri. (2023). Manajemen Strategis Sektor Publik. Laboratorium Komunikasi dan Sosial FISIP: Universitas Maritim Ali Haji

Kriyantono, Rachmat. (2014). Public Relations, Issues & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relation Etnografi Kritis & Kualitatif Edisi Kedua. PT Fajar Interpratama Mandiri

Nahar, Lesmana. (2020). Komunikasi Krisis Pemerintah Indonesia Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Syntax Admiration. Vol. 5 No. 1 DOI: 10.46799/jsa.v1i5.84

Rahmawati, Octavia Dwi., Nurul Fitria., Saeful Mujab. (2023). Strategi Manajemen Isu dan Komunikasi Krisis MCDonald Indonesia yang Terkena Imbas Informasi Hoaks Fatwa MUI terkait Haramnya Membeli Produk Israel. Kultura: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. https://doi.org/10.572349/kultura.v1i6.754

Rahmdana, Muhammad., Ridwan, Muhammad Salman. (2023). Analisis Pemberdayaan Perempuan Berbasis UMKM dalam Meningkatkan Minat Usaha Keluarga oleh Komunnitas Mom Prenurs di Kota Samarinda. Jurnal Program Study Pendidikan Masyarakat. https://doi.org/10.30872/ls.v4i2.3494

Pratitis, Meta putri., dkk. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian. Penerbit Deepublish Digital

Putri, Gustiani Felia., Firmansyah (2023). Manajemen Isu Pemerintahan Daerah dalam Menanggapi Berita Negatif. Jurnal Bandung Conference Seried: Public Relations., Vol. 3, Hal: 849 – 856., https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i2.9348

Sijabat, Rauly., Sih Darmi. Perilaku Hutang Usaha Wirausaha Perempuan. 2023. Penerbit NEM.

Sopar, dkk. (2023). Partisipasi Perempuan dan Pemberdayaan Masyarakat di Objek Wisata Pulau Banyak Aceh Singkil. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (JSAI). https://DOI: 10.22373/jsai.v4i1.2570

Yearsiana, Theresia., dkk. (2024). Manajemen Isu dan Komunikasi Krisis oleh PT Danone Akibat Berita Boikot Fatwa MUI. Kultura: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora., https://doi.org/10.572349/kultura.v2i1.756

https://www.detik.com/jabar/berita/d-6832776/pnm-investigasi-soal-ratusan-warga-garut-mendadak-punya-utang

https://regional.kompas.com/read/2023/08/20/191900378/pt-pnm-hapus-utang-fiktif-354-warga-garut-korban-pengunaan-data-pribadi?page=all

https://www.metrotvnews.com/play/NLMCOEJo-pnm-lakukan-investigasi-terkait-utang-fiktif-di-garut

https://news.republika.co.id/berita/ry1qca423/pnm-dalami-kasus-ratusan-warga-mendadak-jadi-debitur-di-garut

https://www.pnm.co.id/bisnis/pnm-mekaar

https://www.bps.go.id/id/infographic

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-02-01

Cara Mengutip

Hodijah, H. (2025). Strategi Manajemen Isu untuk Mengatasi Potensi Krisis Kepercayaan Nasabah Program Mekaar PT. PNM: Pendekatan Studi Kasus. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 4(2), 319-331. https://doi.org/10.52436/1.jishi.286