Penyusunan Skala Self Esteem Pada Generasi Z Pengguna Instagram

Penulis

  • Agustina Wulandari Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia
  • Khalidiah Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia
  • Anisa Putri Ramadani Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia
  • Dimas Faturrahman Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia
  • Mega Putri Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia
  • Muhammad Ilham Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia
  • Rahayu Farida Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jishi.209

Kata Kunci:

Generasi Z, Instagram, Self-Esteem, validasi instrumen

Abstrak

Self-esteem merujuk pada evaluasi individu terhadap nilai, kompetensi, dan kelayakan terhadap dirinya sendiri. Platfrom seperti Instagram sering menjadi ruang perbandingan sosial yang dapat mempengaruhi self-esteem, baik itu secara positif ataupun negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen pengukuran self-esteem yang relevan dengan Generasi Z pengguna Instagram. Penelitian menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan pengembangan instrumen. Subjek penelitian adalah 261 pengguna aktif media sosial Instagram yang berusia antara 12-27 tahun, dengan pemilihan responden menggunakan simple random sampling. Instrumen ini dikembangkan berdasarkan empat aspek utama self-esteem antara lain yaitu kekuatan, keberartian, kebajikan, dan kompetensi. Pemvalidasian skala self-esteem menggunakan konsep validitas isi dari Aiken untuk membuktikan kesesuaian (appropriateness) yaitu dengan meminta penilaian dari expert judgement dan dihitung menggunakan rumus content validity index (CVI). Rancangan awal skala terdiri dari 100 item kemudian setelah dilakukan pemvalidasian, terdapat 66 item yang valid, 28 moderatly valid dan 6 tidak valid. Aitem yang dipakai adalah yang memiliki kategori valid dan moderatly valid yaitu sebanyak 94 aitem dengan indeks validitas antara 0,67 hingga 1,00. Koefisien reliabilitas alpha yang diestimasi dengan program Aiteman menghasilkan koefisiean Cronbach Alpha sebesar 0,954, sehingga secara umum skala ini dapat dikatakan memiliki reliabilitas yang baik.

Referensi

Aiken, L.R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings, Educational and Psychological Measurument, 45(1), 131-142. doi: http://doi.org/10.1177/0013164485451012.

Coopersmith, S. (1997). Coopersmith self-esteem inventory - The antecedents of self-esteem. W.H Freeman & Co.

F.I.R., F., & H, K. (2021). PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA

SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share?: Social Work Journal, 10(2), 199.

Fitri, H., Hariyono, D. S., & Arpandy, G. A. (2024). Pengaruh Self-Esteem Terhadap Fear Of Missing Out (Fomo) pada Generasi Z Pengguna Media Sosial. Jurnal Psikologi, 1(4), 21. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2823

I.D., W., & M.e.s., S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Internet Menggunakan Media Sosial sebagai Sarana Penyebaran Informasi dan Promosi pada MIN 18 Jakarta. Widya Cipta, 2(1), 91–95.

Isneniah, D., Nuryani, R., & Lindasari, S. W. (2024). Correlational study: Self-esteem and fear of missing out (FoMO) in emerging adulthood. Holistik Jurnal Kesehatan, 18(2), 209–217. https://doi.org/10.33024/hjk.v18i2.264

Komunikasi, J., Ilmu Politik, dan, Hamdani, W., Putri Siregar, A., Nur Ilahi, H., Ramadhan, D., & Harahap, N. (t.t.). Retorika.

M, A., & Y.a, P. (2023). Self Esteem dan Sindrom Fear Of Missing Out ( FOMO ) Mahasiswa Psikologi. 4(1), 69–77.

M, K., & M, A. (2015). Self Esteem dan Prestasi Akademik sebagai Prediktor Subjective Well-Being Remaja Awal. Journal Gadjah Mada Of Psychology, 1(3), 180–191.

S, C. (1967). The Antecendent Of Self Esteem. W.H Freeman And Company.

Selfilia Arum Kristanti, & Eva, N. (2022). Self-esteem dan Self-disclosure Generasi Z Pengguna Instagram. Jurnal Penelitian Psikologi, 13(1), 10–20. https://doi.org/10.29080/jpp.v13i1.697

Rosenberg, M. (1965). Rosenberg self-esteem scale (RSE). Acceptance and commitment therapy.

Measures package, 61, 52.

Rosenberg, M. (1965). Society and The Adolescent Sef IImage. Princeton University Press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-12

Cara Mengutip

Wulandari, A., Khalidiah, K., Ramadani, A. P., Faturrahman, D., Putri, M., Ilham, M., & Farida, R. . (2025). Penyusunan Skala Self Esteem Pada Generasi Z Pengguna Instagram. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 4(2), 261-272. https://doi.org/10.52436/1.jishi.209