Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap Representasi Kesakralan Tokoh Paranormal Ed dan Lorraine Warren pada Film The Conjuring 2: The Enfield Poltergeist

Penulis

  • Novan Ramadhan Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Hariyadi Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Arizal Mutahir Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Wiman Rizkidarajat Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jishi.208

Kata Kunci:

Film The Conjuring 2, Paranormal, Sakralitas, The Enfield Poltergeist

Abstrak

Fenomena supranatural sering diangkat sebagai tema dalam film horor dengan menghadirkan karakter pemuka agama dan paranormal sebagai melawan kekuatan gaib. Penelitian ini membahas representasi kesakralan paranormal Ed dan Lorraine pada film The Conjuring 2: The Enfield Poltergeist yang berbeda dari banyak film horor lain dengan memperlihatkan keberhasilan melawan makhluk. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis semiotika Roland Barthes melalui teori representasi Stuart Hall berupa encoding dan decoding. Hasil penelitian menunjukkan proses encoding dalam film ini mengkodekan pesan kesakralan melalui perpaduan elemen spiritual meliputi simbol religius Salib dan doa, serta kemampuan supranatural, seperti retrokognisi, clairvoyance, dan demonologi. Sementara, decoding memberikan ruang bagi audiens untuk menginterpretasi pesan yang disampaikan dalam film terkait kesakralan. Penelitian ini berkontribusi pada studi representasi dengan menunjukkan bagaimana elemen sakralitas dipadukan dalam penggambaran karakter paranormal. Perpaduan ini memperkaya kompleksitas cerita dalam genre horor serta membuat masyarakat memahami penggambaran unsur sakralitas pada media hiburan kontemporer. Penelitian ini merekomendasikan kajian lebih lanjut untuk menganalisis persepsi masyarakat terhadap sakralitas pemuka agama dan paranormal dalam film horor serta studi perbedaan lintas budaya, agama, dan tradisi dalam memengaruhi representasi sakralitas dalam film horor.

Referensi

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makssar: Syakir Media Press.

Afifi, L. A., Alamsyah, M. Y., Fadli, M. A., Fitria, N., & Budiana, Y. (2020). Kontekstualisasi Antropologi dan Sosiologi Agama. Bandung: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Adelian, I. D., Pujaastawa, I. B. G., & Sudiarna, I. G. P. (2021). Penanganan Rehabilitasi Orang dengan Gangguan Jiwa Di Panti Renceng Mose, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Syntax Idea, 3(7), 1635–1655. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i7.1373

Anjarahmi, M. D., & Alamin, T. (2023). Peran Tokoh Agama dalam Meningkatkan Spiritualitas Masyarakat di Kabupaten Bojonegoro. Journal of Islamic and Social Studies (JISS), 1(1), 15–24. https://doi.org/10.30762/jiss.v1i1.1337

Arafat, M. Y., Aziz Faiz, A., & Mujibuddin, M. (2022). Islam-Lokal dan Lokal-Islam. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 6(1), 25–44. https://doi.org/10.14421/panangkaran.v6i1.2809

Arwani, S., & Bakti, A. M. F. (2024). Analisis Komunikasi Islam Dan Genre Horor-Religi Dalam Film Qodrat an Analysis of Islamic Communication and Horror-Religious Genre in Qodrat Film. Orasi: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 15(1), 60–82. https://doi.org/10.24235/orasi.v15i1.17176.g6113

Banoet, F. J. (2021). Shamanisme dan Kesurupan: Teologi Demonik-Eksplorasi Demonologi Sosial dengan Demonologi Spiritis dalam Perspektif Non-Barat dan Implikasi Pastoral Lintas Budaya dan Agama. Aradha: Journal of Divinity, Peace and Confl Ict Studies, 1(1), 19–38. https://doi.org/10.21460/aradha. 2021.11.534

Barokah, F. (2023). Mistisisme Politik?: Eksistensi Magis dalam Perpolitikan Indonesia. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 8(1), 1–19. https://doi.org/10.14710/jiip.v8i1.13275

Barus, F. A., & Munthe, P. (2022). Tinjauan Dogmatis Mengenai Pemanggilan Roh Orang Meninggal Melalui Gendang Seluk dalam Acara Adat Kematian dan Relevansinya di GBKP Runggun Pertumbuken. Jurnal Sabda Akademika, 2(1). https://jurnal.sttabdisabda.ac.id/index.php/JSAK/article/view/68/70

Bernardo, A. (2023, April 17). Romo Gabriele Amorth, kisah nyata pengusir setan utusan Vatikan yang menginspirasi film Russel Crowe. Retrieved Agustus 30, 2024, from bbc.com: https://www.bbc.com/indonesia/articles/czrvxjxr22po

Berty, T. T. (2020, Juni 23). Konon, 4 Alasan Ini Bikin Hantu Gentayangan Terus Mengganggu Anda. Retrieved Oktober 21, 2024, from liputan6.com: https://www.liputan6.com/global/read/4286608/konon-4-alasan-ini-bikin-hantu-gentayangan-terus-mengganggu-anda?page=5

Cahn, L. (2024, Juli 11). 20 Mysteries Actually Solved by Psychics. Retrieved Oktober 16, 2024, from rd.com: https://www.rd.com/list/mysteries-solved-by-psychics/

DaRosa, A. (2021, Juni 7). 7 paranormal investigations by Ed and Lorraine Warren of ‘The Conjuring’ fame. Retrieved Agustus 8, 2024, from ctpost: https://www.ctpost.com/entertainment/slideshow/ed-lorraine-warren-cases-the-conjuring-222531.php

Diananto, W. (2022, Maret 12). Resensi Film The Exorcism of God: Tragedi Pendeta Kerasukan Iblis Yang Diusirnya dari Tubuh Jemaat. Retrieved Agustus 10, 2024, from liputan6.com: https://www.liputan6.com/showbiz/read/4909553/resensi-film-the-exorcism-of-god-tragedi-pendeta-kerasukan-iblis-yang-diusirnya-dari-tubuh-jemaat?page=7

Debby, Y., Hartiana, T. I. P., & Krisdinanto, N. (2020). Desakralisasi film horor Indonesia dalam Kajian Reception Analysis. ProTVF, 4(1), 1–19. https://doi.org/10.24198/ptvf.v4i1.24171

Dewi, N. K. N. K., & Utami, N. M. V. (2022). Analysis of expressive illocutionary act in the movie entitled the conjuring 2. Journal of Language and Applied Linguistics, 3(1), 42–52. https://doi.org/10.22334/traverse.v3i1.54

Eisenberg, E. (2023, September 9). The Nun II Ending Explained: How The Film Does (And Doesn’t) Fit Into The Conjuring Universe Timeline. Retrieved November 9, 2024, from Cinema Belend: https://www.cinemablend.com/movies/the-nun-ii-ending-explained

Erni, E., & Asror, M. A. K. (2022). Degradasi Moral Di Kalangan Pemuka Agama. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 237–243. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.54004

Fardila, I. (2020). Penciptaan Film Baban Gala: Representasi Ekspresi Personal Sebagai Panghulu Di Minangkabau. Melayu Arts and Performance Journal, 3(1), 62–73. https://doi.org/10.26887/mapj.v3i1.1343

Fatimah. (2020). Semiotika dalam Kajian Iklan Layanan Masyarakat (ILM). Kab. Gowa: TallasaMedia.

Floretta, J. (2022, November 3). Review ‘Qodrat’: Kembalikan Kejayaan Tokoh Pemuka Agama dalam Film Horor. Retrieved Agustus 29, 2024, from old.magdalene.co: https://old.magdalene.co/story/Film-horor-Indonesia-Qodrat

Genzlinger, N. (2019, April 19). Lorraine Warren, Paranormal Investigator Portrayed in ‘The Conjuring,’ Dies at 92. Retrieved April 30, 2024, from The New York Times: https://www.nytimes.com/2019/04/19/obituaries/lorraine-warren-dead.html

Hall, S. (2009). Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. London: SAGE Publications.

Haunted. (2020). 11 Things You Need To Know About Legendary Paranormal Investigators Ed and Lorraine Warren. Retrieved Agustus 6, 2024, from travelchannel.com: https://www.travelchannel.com/shows/devils-road-the-true-story-of-ed-and-lorraine-warren/articles/11-things-you-need-to-know-about-legendary-paranormal-investigat

Hidayat, H. (2021). Simbol Agama Dalam Realita Islam dan Kristen. Al-Hikmah?: Jurnal Studi Agama-Agama, 7(1), 61–73. https://doi.org/10.30651/ah.v7i1.6365

Humaira, M. A., Rajagukguk, Z. F., Muhdiyati, I., Sya, M. F., Ariah, A., Rasmitadila, & Aliyyah, R. R. (2020). The Equivalence of Noun Translation in the Movie Subtitle " The Conjuring 2?: The Enfield Poltergeist ". International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(06), 9909–9915. https://www.psychosocial.com/article/PR260987/21947/

Humaira, M. A., Rasmitadila, & Samsudin, A. (2019). Participant Types In Translation In Subtitle Film " The Conjuring 2?: The Enfield Poltergeist. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(08), 903–911. https://www.ijstr.org/final-print/aug2019/Participant-Types-In-Translation-In-Subtitle-Film-the-Conjuring-2-The-Enfield-Poltergeist.pdf

Hunter, A. (2020, Oktober 22). 10 Facts About Famed Paranormal Investigators Ed and Lorraine Warren. Retrieved Agustus 29, 2024, from Mental Floss: https://www.mentalfloss.com/article/632800/ed-and-lorraine-warren-paranormal-investigator-facts

Hunter, J. (2015, September 11). Mediumship and Spirit Possession in a Cross-Cultural Context. Retrieved Oktober 21, 2024, from PSI ENCYCLOPEDIA: https://psi-encyclopedia.spr.ac.uk/articles/mediumship-and-spirit-possession-cross-cultural-context

Illu, J. (2020). Pengusiran setan: sinkronis asi iman, kekudusan hidup, doa dan pengetahuan alkitab. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 2(2), 166–177. https://doi.org/10.47457/phr.v3i2.82

IMDb The Rite. (2011). The Rite Plot. Retrieved Oktober 28, 2024, from https://m.imdb.com/title/tt1161864/plotsummary/

Laoly, N. G. (2020). Kajian Biblika, Sistematika dan Misi tentang Pentingnya Doa Bagi Gereja. IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.46305/im.v1i1.7

Lapian, A. H. (2017). Representasi Desakralisasi Tokoh Agama Katolik Dalam Film “Vatican Tapes.” Jurnal E-Komunikasi, 5(1), 1–12. https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/6179

Marwantika, A. I. (2021). Sakralisasi Mitos Larangan Keluar Rumah Saat Senja dalam Film Sandekala?: Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce. 33–48. https://doi.org/10.37680/muharrik.v3i02.553

Nahda, A. S., & Afif, R. T. (2022). Kajian Semiotika Dalam Animasi 3D Let’S Eat. Jurnal Nawala Visual, 4(2), 81–86. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v4i2.434

Nakamura, H. (2024). The Construction of Religious Symbolic Spaces and the Generation of Psychological Fear in The Conjuring Series. Art and Society, 3(6), 8–17. https://doi.org/10.56397/AS.2024.12.02

Narulita, T. A., Fitriyah, R., & Aziz, A. Z. S. (2023). Encoding dan Decoding Pesan Pada Iklan Produk Kecantikan yang Menentukan Standar Kecantikan Indonesia. Jambura Journal of Community Empowerment (JJCE), 4(2), 256–270. https://doi.org/10.37411/jjce.v4i2.2753

Nashichuddin, M., Rifki, M. G., & Lifca P., P. (2018). Makna Dan Transmisi Mantra Pemanggilan Arwah Kesenian Jawa Bantengandaerah Mburing Malang Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(1), 57–64. https://doi.org/10.30659/j.6.1.57-64

Norayati, & Qadriani, N. (2021). Simbol-Simbol Kebudayaan Dalam Novel Basirahkarya Yetti a.Ka Perspektif Semiotikcharles Shanders Peirce. Cakrawala Listra: Jurnal Kajian Sastra,Bahasa,Dan Budaya Indonesia, 4(1), 73–95. https://doi.org/https://doi.org/10.33772/cakrawalalistra.v4i1.1403

Noviadhista, U. F., Prasetyo, B. D., & Antoni. (2019). Komodifikasi Identitas Tionghoa Dalam Humor: Studi Encoding/Decoding Stuart Hall Tentang Pertunjukan Stand-Up Comedy Ernest Prakasa. PAPATUNG: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan Dan Politik, 2(3), 161–177. https://doi.org/10.54783/japp.v2i3.28

Pacheconai, C. De. (2023). Tingkat Kehafalan Peserta Komuni Pertama Mengenai Doa-Doa Pokok di Paroki Ratu Rosari Kesatrian. In Theos?: Jurnal Pendidikan Dan Theologi, 2(10), 351–357. https://doi.org/10.56393/intheos.v2i10.1284

Pachoer, R. D. A. (2016). Sekularisasi dan Sekularisme Agama. Religious: Jurnal Agama Dan Lintas Budaya, 1(1), 91–102. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v1i1.1372

Padia, V. (2023, November 3). The Nun 2, Ending Explained. Retrieved November 9, 2024, from Gamerant: https://gamerant.com/the-nun-2-ending-explained/

Pamukti, A., & Soleh, A. K. (2023). Komparasi Makna Ba?ara dalam Al-Qur’an dengan Extra Sensory Perception. Refleksi, 22(1), 29–48. https://doi.org/10.15408/ref.v22i1.29831

Prasasti, G. D. (2018, Juli 4). Demonologist, Profesi yang Pelajari Dunia Supranatural dan Pemanggilan Setan. Retrieved Oktober 22, 2024, from liputan6.com: https://www.liputan6.com/health/read/3577501/demonologist-profesi-yang-pelajari-dunia-supranatural-dan-pemanggilan-setan

Prasetyo, F. A. (2020, Mei 29). FILM - The Exorcism of Emily Rose (2005). Retrieved Agustus 16, 2024, from tribunnewswiki.com: https://www.tribunnewswiki.com/2020/05/29/film-the-exorcism-of-emily-rose-2005

Priwiratu, E. C. (2023, September 9). Penjelasan Ending Film The Nun 2, Ini Akhir Nasib Suster Irene. Retrieved Oktober 28, 2024, from IDN Times: https://www.idntimes.com/hype/entertainment/elizabeth-chiquita-tuedestin-priwiratu/penjelasan-ending-film-the-nun-2?page=all

Rakhmawati, E. (2020). Indigo Dalam Novel Supernova Akar Karya Dee Lestari: Kajian Psikologi Sastra. Edu-Kata, 6(2), 141–148. https://doi.org/10.52166/kata.v5i2.1779

Rumengan, P. (2024, Mei 27). Mengapa Arwah Gentayangan Menempel pada Manusia: Mitos atau Realita? Retrieved Oktober 21, 2024, from Gorontalo Post: https://gorontalopost.jawapos.com/lifestyle-teknologi/314693590/mengapa-arwah-gentayangan-menempel-pada-manusia-mitos-atau-realita

Sardjuningsih. (2015). Isam Mitos Indonesia (Kajian Antropologi-Sosiologi). Kodifikasia, 9(1), 61–100. https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v9i1.796

Sari, L. M. (2018). Simbol Salib dalam Agama Kristen. Religi: Jurnal Studi Agama-Agama, 14(2), 155–168. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/rejusta.2018.1402-01

Satyadharma, I. G. N. W., Rinaldi, M., & Pertiwi, A. B. (2024). Analysis Of The Application Of Cinematographic Techniques In The Video. 5(1), 62–73. https://doi.org/10.46764/teknimedia.v5i1.167

Sitoresmi, A. R. (2024, Agustus 19). Sinopsis The Exorcist, Film Horor Supranatural yang Diadaptasi dari Kisah Nyata. Retrieved Oktober 28, 2024, from liputan6: https://www.liputan6.com/hot/read/5677367/sinopsis-the-exorcist-film-horor-supranatural-yang-diadaptasi-dari-kisah-nyata?page=3

Situmorang, S. (2019). DOA Jalan Menuju Kontemplasi. Logos: Jurnal Filsafat-Teologi, 16(1), 36–60. https://doi.org/10.54367/logos.v16i1.353

Sobur, A. (2009). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sokowati, M. E., & Nurnisya, F. Y. (2021). Produksi Citra Polisi Dalam Film?: Sebuah Upaya Sakralisasi Produksi Citra Polisi Dalam Film?: Sebuah Upaya Sakralisasi ( Analisis Genre Pemenang Police Movie Festival 2017 - 2019 ). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 68–81. https://doi.org/10.14710/interaksi.10.1.68-81

Sriwahyuni, L., & Maeja, J. D. (2023). Memaknai Secara Sederhana Misteri Allah Tritunggal Mahakudus. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 121–129. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18730

Subu, M. A., Holmes, D., Arumugam, A., Al-Yateem, N., Maria Dias, J., Rahman, S. A., Waluyo, I., Ahmed, F. R., & Abraham, M. S. (2022). Traditional, religious, and cultural perspectives on mental illness: a qualitative study on causal beliefs and treatment use. International Journal of Qualitative Studies on Health and Well-Being, 17(1), 1–13. https://doi.org/10.1080/17482631.2022.2123090

Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet.

Suroyya, D. (2022). Komodifikasi Dan Deskralisasi Simbol Agama Dalam Film Horor Indonesia. Journal of Islamic Communication, 5(1), 15–38. https://doi.org/10.35719/ijic.v5i1.1816

Syafitri, Y., & Zuhri, M. (2022). Pengaruh Praktek Tabib Atau Dukun Terhadap Kehidupan Beragama (Studi Kasus Di Desa Jambur Pulau Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai). Journal of Islamic Studies, 1(3), 1–15. https://www.pusdikra-publishing.com/index.php/jelr/article/view/859/744

Syahrani, A. R. T., Asrina, A., & Yusriani. (2022). Peran Dukun Dalam Pengobatan Tradisional Pada SukuBajo Di KelurahanBajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Journal of Muslim Community Health (JMCH), 3(2), 77–86. https://doi.org/10.52103/jmch.v3i2.778

Tambunan, D. V. A., Rahayaan, J. M., Panca, D., Lering, I. D., & Naufal, F. (2023). Analisis Gaya Busana Tokoh Paranormal Film The Conjuring 2 Melalui Pendekatan Mitos Roland Barthes. Seminar Nasional Desain Dan Media, 502–507. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasdesainmedia/article/view/7007/2036

Wibisono, P., & Sari, Y. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Film Bintang Ketjil Karya Wim Umboh Dan Misbach Yusa Bira. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 1(1), 30–43. https://doi.org/10.32509/dinamika.v7i1.1406

Widayati, M. I., & Priyanto, P. H. (2016). Fenomena Paranormal (Suatu Tinjauan Makna Hidup, Konsep Diri, Pengalaman Transpersonal dan Spiritualitas. Psikodimensia, 15(2), 374–395. https://doi.org/10.24167/psiko.v15i2.997

Widhiastuty, R. I., & Setio, R. (2022). Persilangan antara Iman dan Ilmu dalam Pandangan Jemaat tentang Kerasukan Roh dan Eksorsisme di GKI Gejayan. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 5(2), 151–168. https://doi.org/10.34081/fidei.v5i1.313

Widodo, J. S. (2022). The Representation of the Islamic Religious Leader in Film “Makmum” by Riza Pahlevi. Journal Albion: Journal of English Literature, Language, and Culture, 4(1), 13–17. https://doi.org/10.33751/albion.v4i1.5244

Winarjo, H. (2022). Menafsirkan Film Horor Supranatural dengan Wawasan Dunia Kristen. PASCA?: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 18(2), 173–184. https://doi.org/10.46494/psc.v18i2.216

Yoesoef, M. (2003). Film Horor Sebuah Definisi yang Berubah. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 5(2), 103–113. https://doi.org/10.17510/wjhi.v5i2.322

Zaimar, Y. S. (2017). Semiotic Analysis of Valak and Lorraine in “The Conjuring 2” Movie. Scope?: Journal of English Language Teaching, 1(02), 219–229. https://doi.org/10.30998/scope.v1i02.1112

Zulkifli, Z., & Fitria, R. P. W. (2023). Mitisisme Pocong Sebagai Representasi Arwah Gentayangan (Studi Tipologi Clifford Geertz). Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 8(2), 72–84. https://doi.org/10.32332/riayah.v8i2.7415

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-08

Cara Mengutip

Ramadhan, N., Hariyadi, H., Mutahir, A., & Rizkidarajat, W. (2025). Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap Representasi Kesakralan Tokoh Paranormal Ed dan Lorraine Warren pada Film The Conjuring 2: The Enfield Poltergeist. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 4(2), 215-235. https://doi.org/10.52436/1.jishi.208