Gaya Hidup Konsumtif Generasi Z dalam Era Belanja Daring Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jishi.205Kata Kunci:
Belanja daring, generasi Z, konsumtifAbstrak
Kemunculan online shop akibat dari perkembangan teknologi telah menimbulkan perubahan gaya hidup masyarakat, khususnya generasi Z sebagai kelompok sosial yang akrab dengan dunia digital. Dengan berbagai kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan, belanja daring dapat memunculkan kecenderungan individu untuk melakukan pembelian secara impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumtif generasi Z dalam era belanja daring beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan adalah studi literatur (literatur review) dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber literatur yang relevan dengan penelitian. Hasilnya ditemukan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumtif dalam era belanja daring yaitu media baru (new media), kemudahan penggunaan, potongan harga, kebutuhan psikologis, dan literasi keuangan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman gaya hidup konsumtif generasi Z dalam konteks era digital.
Referensi
‘Adziima, Mavatih, F. (2021). Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Jurnal Tana Mana, 2(2), 86-93).
Afista, L., Aysyah, L, F., Rizki, A., & Fitri, A, N. (2024). Analisis Perilaku Konsumtif Gen-Z terhadap Digital E-Wallet DANA. Jurnal Pendidikan, 8 (1), 3344-3350.
Andrian, Christopharus, I, W., Jumawan, & M, Fadhli, N. (2022) Perilaku Konsumen. Rena Cipta Mandiri.
Ardhiani, F., & Harsono. (2024). Perilaku Konsumtif Generasi Z pada Sekolah Religi di Surakarta. Jurnal Kependidikan. 13 (1), 3505-3512. https://doi.org/10.58230/27454312.849
Asrun, A, N., & Gunawan, A. (2024). Pengaruh Gaya Hidup dan Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z di Kota Medan dengan Literasi Keuangan sebagai Media Intervening. Jurnal Menejemen Bisnis & Keuangan, 5 (1), 173 – 186. https://doi.org/10.51805/jmbk.v5i1.205
Badan Pusat Statistik (BPS). (2021). Hasil Sensus Penduduk 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Budhi, Galih Setiyo. 2016. “Analisis Sistem E-commerce Pada Perusahan Jual-Beli Online Lazada Indonesia.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) 1 (2): 78–83.
Farasyi, A., Al Farasyi, F., & Iswati, H. (2021). Pengaruh Media Sosial, E-Lifestyle dan Budaya Digital Terhadap Perilaku Konsumtif. Syntax Idea, 3(11), 2355–2371.
Fatmawati, D, A., Edowardo, R, R., Fiki, F., Putri, A., Titi., & Alan, S. (2022). Gaya Hidup Konsumtif Sebagai Dampak Adanya Online Shop Di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Angkatan 2021. Jurnal Paradigma, 3 (1), 1-6.
Fungky, T., Tiara, P, S, & Vicky, F, S. Pengaruh Gaya Hidup Serta Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z Pada Masa Pandemi (Studi Kasus Mahasiswa/I Manajemen Bisnis Syariah, UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2019). Jurnal Valuasi, 1(1), 82-98. https://doi.org/10.46306/vls.v1i1
Giovida, Frista, Hariyanto Ridwan, and Pusporo. 2020. “Analisis Pengaruh Harga, Promosi Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiket. Com.” Business Management, Economic, and Accounting National Seminar 1 (1): 1059–76.
Harahap, D, A., & Dita, A. (2023). Perilaku Belanja Online di Indonesia : Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9 (2), 193-219. http://doi.org/10.21009/JRMSI
Hidayati, N. L. (2018). Pengaruh Viral Marketing Online Consumer Reviews dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Surabaya
Katadata.co.id (2021). Penggunaan E-commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. Databoks. Tersedia di https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06 /04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia [Accessed 29 November 2024].
Katadata.co.id (2024). Penggunaan E-commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/6707a52f50651/jumlah-pengguna-e-commerce-di-indonesia-meningkat-2020-2024 [Accessed 26 November 2024].
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Kurniawan, C. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Ekonomi Pada Mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 13, No. 4.
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2021). E-commerce 2021: Business, Technology, Society (16th ed.). Pearson.
Liska, M., & Fitriani, N, U. (2023). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Harga Diskon Terhadap Impulsive Buying Melalui Media Tiktok Shop Pada Generasi Z dan Milenial di Jakarta. Management Studies and Entrepreneurship Journal,l 4(5) , 6215-6123.
Lucas, G. A., Lunardi, G. L., & Dolci, D. B. (2023). From e-commerce to m-commerce: An analysis of the user’s experience with different access platforms. Electronic Commerce Research and Applications, 58, 101240.
Majid, M, K, A., Najih, S., & Lilik, R. (2024) Fenomena dan Perilaku Belanja Online Melalui Tiktok Shop pada Generasi Z Perspektif Konsumsi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10 (02), 1796-1806. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v10i2.13383
Nadia, F, U., Noellya, S, S., Jennifer, H., Jessica, S, Y, S., Valeria, L, K., Elvans, J., Farrel, A, M., & Rahmi, Y, N. (2024). Pengaruh E-commerce Terhadap Perilaku Impulsive Buying. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital, 2 (3), 218-226. https://doi.org/10.38035/jmpd.v2i3
Nurdiana, dkk, N. (2023). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Sebagai Dampak Perkembangan E-commerce. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), Vol. 11 No. 2
Oktaviani, M., Merisa, O., Rinto, A., Eriawaty, & Rahman. (2023) Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 9 (2),. 136-145
Prasetya, W., Hijrah, L., & Boer, K. M. (2020). Efek terpaan belanja online melalui instagram di komunitas pasar setan dalam membentuk perilaku konsumtif masyarakat kota samarinda. Ejournal ilkom Fisip.
Putri, L. S. M., & Komalasari, S. (2023). Dibalik Klik: Memahami Motif Konsumtif Generasi Z Di Era Belanja Online Dan Kebutuhan Psikologis Yang Tidak Terpenuhi. Jurnal Psikologi Jambi, 8(02), 1-10.
Rahayu, K., & Mulyadi, D. (2023). Pengaruh Digital Payment Terhadap Prilaku Konsumtif Masyarakat. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(3).
Ranika, V. G., Mutrofin, A., & Nathania, E. C. A. (2024). Analisis Preferensi Mall Culture Dalam Gaya Hidup Konsumtif. WISSEN: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(3), 89-96.
Siahaan & Lidwina, C. (2021). Perkembangan Teknologi Komunikasi dalam Meningkatkan Perekonomian di Indonesia (Studi pada Penggunaan E-commerce di Akun Media Sosial). Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, Vol. 6 No. 1.
Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan teknologi informasi terhadap peningkatan bisnis online. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 71-75.
Situmorang, F., Ainur, O., Gresia, S, S., Nasrullah, H. (2024). Analisis Gaya Konsumtif Mahasiswa Ilmu Ekonomi Unimed: Navigasi Harga Dan Promo E-commerce. Jurnal EK&BI, 7 (1), 294-305. https://doi.org/10.37600/ekbi.v7i1.1388
Universari, N., & Setiawan, I. N. (2023). Determinan Perilaku Konsumtif Belanja Online Generasi Z Di Kota Semarang. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Terapan, 1(2), 121-133.