Komunikasi Interpersonal Berbasis Lima Konsep Joseph Devito Pada Toko Buah All Fresh Bogor Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jishi.202Kata Kunci:
Komunikasi Interpersonal, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Toko All Fresh BogorAbstrak
Perkembangan bisnis pascapandemi sejumlah strategi disiapkan All Fresh Bogor untuk mempertahankan usahanya dalam menjaga pelanggan. Membangun kedekatan antara karyawan dan pelanggan menjadi usaha yang dilakukan Toko buah All Fresh dengan komunikasi interpersonal yang dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal yang dibangun dari Toko buah All Fresh Bogor dengan menggunakan konsep Joseph Devito untuk menarik pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini toko buah All Fresh Bogor menerapkan semua konsep Joseph Devito terhadap pelanggan dari aspek keterbukaan, empati, saling mendukung, rasa positif dan kesetaraan. Dampak dalam penelitian ini bagi karyawan dapat membangun hubungan yang lebih dekat dan mempunyai sikap percaya diri dengan rekan kerja dengan mengedepankan sikap saling menghormati, empati, dan loyalitas pelanggan. Secara keseluruhan, penerapan teori komunikasi interpersonal Joseph Devito ini dapat meningkatkan kualitas loyaliyas dunia bisnis, memperkuat hubungan antarmanusia, serta menciptakan lingkungan kerja yang harmonis.
Referensi
Azzahra, S. F., & Wolor, C. W. (2023). ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL KARYAWAN DIVISI MARKETING. 2(7).
Devito, J. A. (2018). Komunikasi Antarmanusia. Kharisma Publishing Grup.
Kalimau, I., & Rina, N. (2023). Komunikasi Interpersonal Ayah Pekerja dan Anak Perempuan Dalam Meningkatkan Keterbukaan Diri Anak. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 6(2).
Mukarromah, A., Fauzi, A., & Yaqin, A. A. (2024). Komunikasi Interpersonal Pengurus dan Santriawati dalam Membina Akhlak di Pondok Pesantren. Jurnal Ilmu Komunikasi PROGRESSIO Vol 5(2). http://dx.doi.org/10.52429/progressio.v5i2.1377
Mulyana, D. (2015). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya.
Nurlintang, R. W., & Rustandi, D. (2020). Komunikasi Interpersonal Sales dengan Konsumen pada Proshop Speedo Siliwangi. Jurnal Komunikasi Universal, 6(1), 51–65. https://doi.org/10.38204/komversal.v6i1.505
Okta Viana Putri, E., & Eko Putro, H. (2020). Komunikasi Interpersonal Antara Tim Carl’s Jr Kertajaya Surabaya dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan dengan Pelanggan. Soetomo Communication and Humanities, Vol 1(1). https://doi.org/10.25139/sch.v1i1.2855
Sari, P. S., & Rohmah, A. N. (2024). Komunikasi Interpersonal Customer Service Lotte Grosir dalam Melayani Pelanggan di Kota Samarinda. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 5(1), 90–106. https://doi.org/10.35870/jimik.v5i1.434
Sartika, R., Suratriadi, P., & Diah Astuti, F. (2023). Komunikasi Antar Pribadi Guru Dan Siswa Dalam Memotivasi Belajar Siswa SMP Negeri 13 Bogor. Jurnal Public Relations, Vol 4, No. 1, 13–22.
Sherry Sofiah Wahyuni. (2024). Peran Komunikasi Interpersonal dalam Penerapan Service Excellence di TB Fajar Putra Kota Cimahi [Thesis, Universitas Islam Sultan Agung]. http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36606
Sugiarsih Duki Saputri, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(1), No. 1, 46–53. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i1.1232
Suharsono, Sahputra, N., & Al Firah. (2023). Pengaruh Garansi Produk dan Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik Pada PT Bhakti Idola Tama. Journal Economic Management and Business Vol 2(2).
Wijayanti, D. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Barang (Studi Kasus Pada Pengguna Jasa Pengiriman Makharya Cargo Surabaya). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.