Pengaruh Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Kepedulian Lingkungan Dan Perilaku Membuang Sampah di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jishi.198Kata Kunci:
lingkungan, permaian, sekolah dasar, ular tanggaAbstrak
Permasalahan terkait lingkungan dan perilaku membuang sampah sangat sering dijumpai pada anak-anak karena sebagian dari mereka belum memahami pentingnya menjaga lingkungan. Penelitian ini memiliki tujuan pertama mengetahui pengaruh permainan ular tangga dalam meningkatkan kesadaran lingkungan dan perilaku membuang sampah. Tujuan kedua mengetahui gambaran perubahan peningkatan pengaruh edukasi dan permainan ular tangga dalam meningkatkan kesadaran lingkungan dan perilaku membuang sampah. Adapun hipotesis pada penelitian ini adalah ada perubahan dalam meningkatkan kesadaran lingkungan dan perilaku membuang sampah pada siswa setelah permainan Ular Tangga. Desain penelitian menggunakan pendekatan eksperimen dengaan pra-experimental mengunakan design One Group Pretest-Posttest. Pemilihan subjek mengunakan tehnik purposive sampling. Berikut beberapa kriteria yang disyaratkan: berstatus siswa SD, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, sering membuang sampah sembarangan dan tidak pada tempatnya, direkomendasikan oleh kepala sekolah untuk mengikuti pelatihan, dan bersedia mengikuti pelatihan hingga selesai. Pengumpulan data menggunakan skala kesadaran lingkungan dengan nilai cronbach alfaa 0,875 dan skala perilaku membuang sampah sembarangan 0,818. Selain itu terdapat data kualitatif berupa observasi. Hasil menunjukkan terdapat perbedaan tingkat kesadaran lingkungan dan perilaku membuang sampah sembarangan pada siswa di sekolah dasar sebelum dan sesudah perlakuan baik secara kuali dan kuantitatif.
Referensi
Aldabi, F., & Lestari, P. (2021). Kesadaran Lingkungan Masyarakat Dusun Mendiro. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 2–15. https://doi.org/10.21831/e-societas.v10i2.17153
Dalimunthe, Z. A. B. (2017). Pengaruh Pemberian Pekerjaan Rumah (PR) Sehari-hari terhadap Disiplin Belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VII SMP PAB Saentis T.P 2016/2017. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Fitriani, R., & Sugiyono, S. (2018). Perilaku Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Journal of Culinary Education and Technology, 7(2), 1–8. https://doi.org/10.21831/jcet.v7i2.11574
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21, Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harlistyarintica, Y., Wahyuni, H., Widiyawanti, Yono, N., Sari, I. P., & Cholimah, N. (2017). Penanaman Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Melalui Jari Kreasi Sampah Bocah Cilik Di Kawasan Parangtritis. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 20–30. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15658
Lathifah, R. (2020). Hubungan Antara Kesadaran Lingkungan dan Nilai Personal dengan Perilaku Membuang Sampah Sembarangan Pada Masyarakat Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Universitas Indonesia.
Leilani, A., Nurmalia, N., & Patekkai, M. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Penyuluhan (Kasus pada Kelompok Ranca Kembang Desa Luhur Jaya Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak Provinsi Banten) Effectiveness Use Of Extension Media (case study of ranca kembang group in luhur jaya village-cipanas, lebak-bant. Jurnal Penyuluhan Perikanan Dan Kelautan, 9(1), 43–54. https://doi.org/10.33378/jppik.v9i1.79
Nurhadi. (2020). Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 77–95. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/download/786/541
Purnami, W., Utama, W. G., & Madu, F. J. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains dan Kompetensi Guru melalui Penelitian & Pengembangan dalam Menghadapi Tantangan Abad-21. Jakarta?: Erlangga.
Rahmat, H. K., Pernanda, S., Hasanah, M., Muzaki, A., Nurmalasari, E., & Rusd, L. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Guna Membentukan Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar?: Sebuah Kerangka Konseptual. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 1–9. http://dx.doi.org/10.25078/aw.v6i2.2231
Rina, R. A. (2022). Pengaruh Model Experential Learning Terhadap Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Sosial Horizon?: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(2), 301–310. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/view/4920/2082
Ritonga, R., & Kurniawan, O. (2021). Peningkatan Kesadaran Membuang Sampah Pada Tempatnya Melalui Pendekatan Hypnoteaching (Media Dongeng Berbasis Daur Ulang Sampah). In Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidkan (Vol. 4, Issue 2). https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v4i2.1078
Salim, A., & Agus, H. U. (2020). Evaluasi Sumatif Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran Tepat Guna di Sekolah Dasar (SD) Se-Kota Banjarmasin. Jurnal Penelitian Tindakan Dan Pendidikan, 6(2), 71–78. https://rumahjurnal.net/ptp/article/view/886
Santika, G. N., Suastra, W., Bagus, I., & Arnyana, P. (2021). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Ipa. Jurnal Education And Development, 10(1), 207–212. https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3382
Simarmata, B., & Hakim Daulae, A. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan Lingkungan Hidup Dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(4), 204–210. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i4.10584
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sukmarani, D., Istiningsih, G., & Suryawan, A. (2020). Integrasi Pendidikan Berbasis Lingkungan Melalui Mata Pelajaran IPA Sebagai Upaya Menanamkan Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), 2579–4965. https://conference.unikama.ac.id/artikel/
Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68–73. http://dx.doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728.