Peningkatan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jishi.158Kata Kunci:
media gambar, minat belajar, pemahaman materi, pembelajaran bahasa indonesia, pendidikan dasarAbstrak
Studi ini mengkaji efektivitas integrasi elemen visual dalam pengajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar, dengan fokus pada peningkatan antusiasme pembelajaran dan penguasaan konten oleh para peserta didik. Dengan memanfaatkan pendekatan kualitatif yang melibatkan evaluasi pra dan pasca intervensi, penelitian ini melibatkan 30 peserta didik kelas empat dari Sekolah Dasar Negeri 2 Perumnas Way Kandis sebagai partisipan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya peningkatan minta belajar siswa sekolah dasar melalui media gambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metodologi pengumpulan data mencakup survei motivasi belajar, ujian pemahaman materi, sesi wawancara, dan observasi langsung. Temuan penelitian mengungkapkan adanya perkembangan substansial dalam aspek motivasi belajar dan penguasaan materi setelah implementasi strategi pembelajaran berbasis visual. Secara kuantitatif, rerata skor motivasi belajar menunjukkan kenaikan dari 63,2 menjadi 88,5, sementara tingkat pemahaman materi meningkat dari 58,1 ke 83,8. Analisis kualitatif lebih lanjut menegaskan persepsi positif baik dari pihak siswa maupun pengajar terkait peningkatan kualitas proses belajar-mengajar. Kesimpulan dari studi ini menyoroti potensi signifikan penggunaan media visual sebagai strategi pedagogis yang efektif dalam konteks pendidikan dasar, tidak hanya untuk memperkuat motivasi belajar siswa, tetapi juga untuk memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi pelajaran. Implikasi dari temuan ini berpotensi memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pengajaran yang lebih inovatif dan responsif terhadap kebutuhan kognitif dan afektif peserta didik di tingkat sekolah dasar.
Referensi
Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61–70.
Aulia, A., & Masniladevi, M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 602–607.
Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 94–100.
Cholifah, T. N., & Fauziah, W. N. (2021). Pengembangan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(2), 185–194.
Cholifah, T. N., & Saputro, G. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Vidam (Video Animasi) Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 3 SD. Jurnal PRIMED: Primary Education Journal Atau Jurnal Ke-SD An, 2(2), 120–130.
Fadilah, A. A., Sukmawati, I., & Kurniawan, E. Y. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Powtoon untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas 5 SD Negeri Karang Tengah 11 Kota Tangerang. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(9), 1843–1858.
Lakari, F., Ismail, F., & Syah, I. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Media Gambar. Journal of Elementary Educational Research, 1(2), 49–55.
Safitri, A., & Kabiba, K. (2020). Penggunaan media gambar dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SD Negeri 3 Ranomeeto. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1).
Sinaga, R. (2022). Analisis Pelaksanaan Media Gambar Pembelajaran Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 091713 Amborokan. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 112–115.
Yulistiarawati, D. N., Umayaroh, S., & Linguistika, Y. (2021). Analisis minat belajar siswa dalam penggunaan aplikasi belajar Quizizz pada pembelajaran tematik kelas III sekolah dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(7), 573–584.
Yunita, R. (2023). Upaya guru meningkatkan minat belajar pada pembelajaran tematik dengan menggunakan media gambar pada siswa Kelas IV SD Negeri 101114 Aek Badak Jae. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan