Efektifitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Mata Pelajaran IPAS Berbasis Discovery Learning di SD Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jishi.149Kata Kunci:
Discovery Learning, Efektivitas, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pra-eksperimen, dimulai dengan validasi LKPD oleh para ahli. Selanjutnya, dilakukan pre-test untuk mengukur pengetahuan awal siswa. LKPD berbasis Discovery Learning kemudian digunakan dalam beberapa sesi pembelajaran. Setelah penggunaan LKPD, post-test dilaksanakan untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Wawancara dengan guru dan siswa juga dilakukan untuk memperoleh masukan terkait penggunaan LKPD. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan LKPD berbasis Discovery Learning mencapai 79.63, dengan peningkatan rata-rata 28.15 dibandingkan pre-test. Analisis data menunjukkan nilai t hitung sebesar 16.65, jauh lebih tinggi dari nilai tabel sebesar 2.06 pada tingkat signifikansi 0.05, menunjukkan perbedaan yang signifikan. Ini membuktikan bahwa penggunaan LKPD berbasis Discovery Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulannya, LKPD berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 2 Merak Belantung terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.
Referensi
Anwar, M., & Syafriandi. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 11(1), 47-60. doi:10.24843/JPDP.2021.v11.i01.p04
Arib, M. F., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Experimental Research Dalam Penelitian Pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5497–5511. https://innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8468
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.
Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Rahayu, S. E., & Hidayat, T. (2020). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 123-135. doi:10.24843/JPDP.2020.v10.i02.p04
Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1249–1264.
Sulasriani, D., Samawi, A., Sunarti, L., & Laksanawati, E. (2023). Penggunaan Lkpd Ipas Berbasis Experiential Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengaruh Gaya Terhadap Benda Peserta Didik Kelas Iv Sd. Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5077–5092. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8419
Utami, K. B. (2021). Jurnal jips. Jurnal JIPS, 1(1), 28–34.