Pengaruh Pemberian Permainan Figjig Dan Puzzle Terhadap Perilaku Kemalasan Sosial Pada Mahasiswa

Penulis

  • Ema Zati Baroroh Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, IAIN Pontianak, Indonesia
  • Saruni Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, IAIN Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jishi.129

Kata Kunci:

Eksperimen, Figjig, Puzzle, Social Loafing

Abstrak

Mahasiswa merupakan bagian dari makhluk sosial yang memiliki tanggungjawab dan kewajiban salah satunya mengerjakan tugas kelompok. Hambatan yang dapat menganggu kinerja kelompok jika terjadi social loafing.  Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan memberikan perlakuan 2 Kelompok mahasiswa diberikan dua permainan jenis yaitu figjig dan puzzle. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perilaku social loafing yang terjadi ketika diberikan dua bentuk permainan tersebut kepada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan yaitu terdapat pengaruh pemberian dua bentuk permainan terhadap perilaku kemalasan sosial pada kelompok mahasiswa. Kriteria pemilihan subjek penelitian pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling (probability sampling). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi non-participant dengan setting alami. Hasil penelitian ini menujukan bahwa terjadi perilaku social loafing pada dua permainan yang diberikan kepada kelompok mahasiswa.   Berbagai temuan, keterbatasan dan saran perbaikan penelitian untuk kedepannya juga didiskusikan.

Referensi

Abdullah. (1994). Lubaabut Tafsir Min Ibni Katsir Jilid 3. Bogor: Pustaka Imam Syafi’i.

Fadjarajani, S., Rosali, E. S., Patimah, S., Nasrullah, Sriekaningsih, A., Daengs, A., … Nugraha, M. S. (2020). Metodologi Penelitian, Pendekatan Multidisipliner. Gorontalo: Ideas Publishing.

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 2(1), 73–114. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 27–38.

Jati, S. N., & Diana. (2019). Hubungan Perilaku Social Loafing dan Need for Cognition dalam Kegiatan Kerja Kelompok pada Mahasiswa Pgpaud (Studi Identifikasi Model Pembelajaran). Eksistensi, 1(2), 67–77. Retrieved from http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/Eksis/article/view/1687

Khadijah, & Armanila. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151–168. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14

Krisnasari, E. S. D., & Tjahjo Purnomo, J. (2017). Hubungan Kohesivitas Dengan Kemalasan Sosial Pada Mahasiwa. Jurnal Psikologi, 13(1), 13. https://doi.org/10.24014/jp.v13i1.2586

Latipah, E. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Deepublish.

Maulidya, A. (2018). Berpikir dan Problem Solving. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1), 11–29. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/1381

Muloke, I. C., & Bataha, Y. (2017). Pengaruh Alat Permainan Edukatif ( Puzzle ) Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. 5, 1–6.

Mumtazinur. (2019). Buku Ajar Iilmu Sosial dan Budaya Dasar. Banda Aceh: Lembaga Kajian Konstitusi Indonesia (LKKI) Fakultas Syariah dan Hukum (UIN) Ar-Raniry.

Myers, D. G. (2012). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Naila, I. (2021). Perilaku Social Loafing Dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 136–141. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.417

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.

Nurjanna. (2016). Penggunaan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Siswa Kelas IV SDN 2 Lais. Kreatif Tadulako Online, 4(8), 135–147.

Peter, R. (2013). Memahami dan Mengatasi Krisis Menjadi Peluang. Humaniora, 4(2), 1055. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3546

Prasetyo, A. R., Kaloeti, D. V. S., Rahmandani, A., Salma, & Ariati, J. (2020). Buku Ajar Metodologi Penelitian Eksperimen. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang.

Pratama, Desta, K., & Aulia, F. (2020). Faktor-faktor yang berperan dalam pemalasan sosial (social loafing): Sebuah kajian literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1460–1468.

Putri, G. A., Iswinarti, I., & Istiqomah, I. (2021). Harga Diri Dengan Kemalasan Sosial Pada Mahasiswa LSO (Lembaga Semi Otonom). Journal Psikogenesis, 8(2), 229–240. https://doi.org/10.24854/jps.v8i2.790

Putriana, S. (2013). Pengaruh Belajar Kelompok dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Purworejo. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(4), 325–330. Retrieved from http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/oikonomia/article/view/1928

Sabaruddin. (2019). Penggunaan Model Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik Pada Materi Gravitasi Newton. Jurnal Lantanida, 7(1), 1–100.

Situmorang, M. A. (2012). Meningkatkan kemampuan memahami wacana Melalui media pembelajaran puzzle. Jurnal Bahasa, 1(1).

Supranto, J. (2009). Statistik teori dan aplikasi edisi ketujuh. Jakarta: Erlangga.

Sutanto, S., & Simanjuntak, E. (2015). Intensi Social Loafing pada Tugas Kelompok Ditinjau dari Adversity Quotient pada Mahasiswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 33–45.

Syahril, R. F., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Objek Matematika pada Materi Barisan dan Deret di Kelas XI SMA/MA. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2816–2825. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.766

Titisemita, A. (2021). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Social Loafing Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang. DEMOS: Journal of Demography, Ethnography and Social Transformation, 1(1), 45–54. https://doi.org/10.30631/demos.v1i1.1021

Widiasri, Monica, & Lay, R. E. (2007). Perangkat Lunak Untuk Pembuatan Dan Penyelesaian Permainan Figjig. Proseding The 8th Seminar on Intelligent Technology and Its Applications. Institut Teknologi Sepuluh November.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-31

Cara Mengutip

Baroroh, E. Z., & Saruni, S. (2024). Pengaruh Pemberian Permainan Figjig Dan Puzzle Terhadap Perilaku Kemalasan Sosial Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 3(2), 83-95. https://doi.org/10.52436/1.jishi.129