Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Sarung Pada Sarung Bagus ID

Penulis

  • Wahyuni Nur Afifah Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika, Indonesia
  • Mochamad Fatchur Rohman Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika, Indonesia
  • Noneng R Sukatmadiredja Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jishi.105

Kata Kunci:

Media Sosial, Pemasaran, Promosi, Teknologi, Tiktok

Abstrak

Kemunculan teknologi komunikasi (internet) mampu menghadirkan berbagai perubahan dalam kehidupan sosial manusia. Dengan munculnya alat komunikasi seperti smartphone serta media sosial memudahkan kita dalam berkomunikasi dan berbagi informasi dengan siapa saja dan dimana saja. Komuniksi pemasaran merupakan upaya untuk menjadikan seluruh kegiatan pemasaran dan promosi perusahaan dapat menghasilkan citra atau image yang bersifat satu atau konsisten bagi konsumen. Muhajirin Center (MC) adalah lembaga pendidikan dan sosial dibawah naungan Yayasan Masjid Al Muhajirin. Didirikan sebagai lembaga yang fokus menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan sekarang memulai dibidang pakaian muslim. Penelitan ini menggunakan metode studi kasus dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini diketahui dimana pemanfaatan media sosial sangat berpengaruh terhadap tingkat social selling. Strategi bisnis yang kami lakukan dalam menghadapi persaingan di bidang usaha jenis ini yaitu mempromosikan produk melalui pendekatan secara langsung kepada kerabat, saudara dan sisanya di promosikan melalui media online dan melakukan pemasaran menggunakan media sosial tiktok. Dan berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil yang sangat signifikan, sehingga dapat dikatakan pengaruh dari pemanfaatan media sosial terhadap tingkat penjualan adalah positif.

Referensi

Ade, D., Diem1, R., & Yulianti2, W. (T.Thn.). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada Akun Instagram @Kaosdisablon Di Cv. Purwa Satya).

Alia Akhmad Stmik Duta Bangsa Surakarta, K. (2015). Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pengembangan Pemasaran Umkm (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Distro Di Kota Surakarta).

Agustino, D., Putri, G., Madwa, K., (T.Thn.). Intensifikasi Strategi Promosi Ukm Balietnik Butik Berbasis Blended Promotion & Pageants

Fajri, D., Ma'ruf, J. (T.Thn.). Pengaruh Social Media Marketing Dan Promosi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Pengalaman Konsumen Sebagai Variabel Mediasi Pada Maskapai Penerbangan Airasia. Diambil Kembali Dari Www.Airasia.Com

Hamdani, A., & Himawan, A. (T.Thn.). Implementasi Model E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Pakaian Menggunakan Content Management System, Search Engine Optimization Dan Strategi Marketing 4p.

Hariyanti, S. (T.Thn.). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Promosi Kripik Jamur Tiram.

Hartini, S., Hendro, F., Putro, A., Setiawan, T., Fakultas, )., & Komunikasi, I. (T.Thn.). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Modern.

Iman, D., Zainul, K., & Kholid Mawardi, A. (2015). Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Kesadaran Konsumen Pada Produk Internasional (Studi Pada Pengguna Produk Uniqlo Di Indonesia).

Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop Di Kota Malang). Diambil Kembali Dari Www.Antaranews.Com

Julianty, H. (T.Thn.). Pemberian Izin Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm).

Khaerul Anwar, D., (T.Thn.). Analisis Penerapan Strategi Produk Pakaian Muslim Untuk Meningkatkan Daya Saing (Studi Kasus Brand Samase Di Outlet Moslem Store. Diambil Kembali Dari Http://Ojs.Stiami.Ac.Id/Index.Php/Jambis

Kurniawan, P. (T.Thn.). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh.

Kurniawan, P., Syarif, M., & Amaniyah, E. (2019). Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Tulis Khas Tanjung Bumi Bangkalan.

Moertiono, R. (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Izin Usaha Umkm Pasca Lahirnya Uu No. 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja.

Nidaul Khasanah, F., Samsiana, S., Trias Handayanto, R., Setyowati Srie Gunarti, A., & Raharja, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Diambil Kembali Dari Http://Ejurnal.Ubharajaya.Ac.Id/Index.Php/Jstpm

Proses, D., & Produk, P. (T.Thn.). Pemanfaatan Digital Content Media Sosial Tiktok.

Purnomo, A. (T.Thn.). Strategi Promosi Toko Pakaian Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Komparatif Pada Toko Taste Fashion Dan Jgp Store).

Puspitarini, D., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif Pada Happy Go Lucky House).

Rachmawaty, A. (2021). Optimasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Di Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Simanullang, C., Wulandari, D., Fadly Pulungan, F., Fahriyal Aldi, M., Fairuz Huda, R., Manurung, L., (T.Thn.). Pemanfaatan Tik-Tok Untuk Berbisnis Online Pada Siswa/I Di Smas Dharma Wanita Persatuan Pemprovsu.

Sumarni, T., Daniati Melinda, L., Komalasari, R., Masyarakat, H., & Informatika, M. (2020). Media Sosial Dan E-Commerce Sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : Umkm Warung Salapan).

Suryani, I. (2014). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Produk Dan Potensi Indonesia Dalam Upaya Mendukung Asean Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf Ri Dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat).

Indra Santoso, Fransisco, and Mochamad Fatchurrohman. 2022. “Strategi Pemasaran Online Dan Offline Dalam Meningatkan Penjualan Outlet Makbule.” Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia 2(2): 51–57.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-25

Cara Mengutip

Afifah, W. N., Rohman, M. F. ., & Sukatmadiredja, N. R. . (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Sarung Pada Sarung Bagus ID. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 3(1), 37-42. https://doi.org/10.52436/1.jishi.105