Fenomena Layanan Video on Demand Sebagai Pengganti Bioskop di Kalangan Masyarakat Indonesia

Penulis

  • Alfitra Dewi Anjani Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Sujarwo Sujarwo Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jishi.104

Kata Kunci:

Bioskop, Masyarakat, Platform Film Online, Video Sesuai Permintaan

Abstrak

Aktivitas menonton film adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang sebagai penghilang rasa penat setelah melakukan berbagai kegiatan sehari-hari yang cukup melelahkan. Menonton film baru dahulu  hanya bisa dilakukan dengan kita pergi ke bioskop dengan jam tayang film yang sudah ditentukan, namun kegiatan tersebut terhambat ketika pandemi covid-19 melanda kehidupan manusia. Peraturan pemerintah yang melarang berkerumunan di luar rumah, mengharuskan banyak tempat umum harus tutup, salah satunya adalah bioskop. Maka dari itu, aktivitas hanya dapat dilakukan dirumah saja. Perubahan perilaku masyarakat ini semakin terdorong karena adanya pandemi covid-19, salah satunya adalah dengan adanya penggunaan teknologi. Kemajuan teknologi yang terus meningkat memudahkan berbagai aktivitas manusia, kini kita dapat menggunakan media online kapanpun dan dimanapun, termasuk media online streaming video on demand seperti Youtube, Netflix, Disney Hotstar+, VIU, Video, dan sebagainya. Artikel ini menjelaskan bagaimana terjadinya fenomena perilaku konsumen masyarakat, khususnya para generasi muda yang beralih dari awalnya menonton di bioskop menjadi menonton melaui platform online. Metode yang digunakan pada artikel ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, data yang diperoleh pada artikel ini melalui studi pustaka serta penyebaran angket kuesioner pada 29 responden yang dilakukan pada tanggal bulan juli 2023. Berdasarkan angket kuesioner tersebut dapat ditemukan beberapa informasi, diantaranya adalah sebanyak 44.8% responden sangat setuju jika video on demand lebih fleksibel untuk ditonton kapan saja dan dimana saja. kemudian sebanyak 55.2% responden setuju jika penggunaan layanan video on demand kompatibel dengan teknologi yang dilakukan oleh responden.

Referensi

Anshari, I. N. (2019). Sirkulasi Film dan Program Televisi di Era Digital: Studi Kasus Praktik Download dan Streaming melalui Situs Bajakan. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 10(2), 88-102.

Yasirandi, R., Rakhmatsyah, A., & Alifudin, R. (2019). Perancangan Arsitektur Sistem Digital Signage secara Terpusat pada Negara Berkembang. Techno. Com, 18(2), 145-153.

Tresnawati, Y. (2021). Cinema XXI Brand Activity Using Instagram Social Media in Pandemic Era. Jurnal Spektrum Komunikasi, 9(1), 105-116.

Munawwaroh, Z. (2022). Strategi Digitalisasi dan Viabilitas PT Visi Media Asia Tbk di Masa Pandemi Covid–19. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(1), 273-285.

Hermawan, V., Ardianti, D., & Oktaviani, D. (2021). ANALISIS WACANA BERITA PEMKOT BANDUNG OPERASIKAN KEMBALI BIOSKOP PADA MEDIA ONLINE PIKIRANRAKYAT. COM EDISI 09 OKTOBER 2020. Paradigma POLISTAAT: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 4(1), 13-26.

Yulianto, A., & Dharmawan, D. (2018). Identifikasi Gaya Pengambilan Keputusan Mahasiswa Sebagai Konsumen Bioskop. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 16(02).

Yusuf, N. A., & Indrawati, I. (2019). Analisis Faktor yang Memengaruhi Pembentukan Minat Berlangganan di Industri Video-on-demand di Indonesia. Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(1), 161-173.

Hasan, V. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Willingness To Subscribe: Telaah Pada Layanan Video On Demand Netflix. Ultima Management: Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 22-38.

Safitri, A. A. (2021). Pengaruh Karakteristik Pesan pada Media Sosial dalam Membentuk User Engagement. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 5(2), 128-144.

Humirah, L. A., Hidayati, B. N., Pratiwi, E. A., Romadonika, F., & Wasliah, I. (2021). Hubungan Penggunaan Gadget dan Kejadian Insomnia pada Remaja Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan, 13(2), 381-386.

Rizaldy, D. V. (2021). VIDEO ON DEMAND: CARA MUDAH MENONTON FILM (Studies on Consumer Behavior) (Doctoral dissertation, STIE PGRI Dewantara Jombang).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-31

Cara Mengutip

Anjani, A. D., & Sujarwo, S. (2024). Fenomena Layanan Video on Demand Sebagai Pengganti Bioskop di Kalangan Masyarakat Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 3(2), 53-59. https://doi.org/10.52436/1.jishi.104